Hari Ibu
Ketua TP PKK Tabanan Peringati Hari Ibu Lewat Sosialisasi dan Aksi Sosial di Kecamatan Marga. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Siap menjadi garda terdepan dalam menyehatkan serta menyejahterakan ibu-ibu, anak dan keluarga di Tabanan, khususnya kali ini dalam memerangi penyakit kanker, Ketua TP PKK Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., M.M., jadikan peringatan Hari Ibu ke-95 sebagai ajang menjadikan Ibu Sehat Bebas Kanker Serviks, Senin (18/12/2023).

Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 mengusung tema ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Maju’ yang memiliki makna,

Perempuan harus memiliki keberanian untuk bersuara, menyampaikan aspirasi, gagasan, dan ide-ide untuk kemajuan bangsa. Perempuan tidak hanya berdaya secara ekonomi, namun juga secara sosial budaya dan kemampuan untuk mengambil peran dalam pengambilan keputusan melalui karya-karya nyata.

Di mana, dalam kepeduliannya mengatasi berbagai isu dalam kehidupan bermasyarakat, Perempuan telah mengambil peran, serta berkontribusi dalam setiap perubahan dan dinamika untuk kemajuan bangsa. Peringatan Hari Ibu tahun ini di Kabupaten Tabanan, diisi oleh ragam kegiatan sosialisasi dan aksi sosial yang diinisasi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan berkolaborasi dengan TP PKK Kecamatan Marga, PPTI, YKI, K3S, Perumda Dharma Santika dan Dinas Pertanian.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Buka Lomba Mancing ST. Jati Laksana Desa Pejaten Kediri

Kegiatan yang dilakukan antara lain, Sosialisasi pencegahan kanker serviks dan Pemeriksaan IVA gratis Kader PKK, Penyerahan bantuan sembako kepada penyandang disabilitas, penderita kanker dan tuberkulosis, Penyerahan bibit cabai secara simbolis dalam rangka Gertam (Gerakan Tanam Cabai) sebagai langkah antisipasi meningkatnya harga cabai dimana cabai merupakan salah satu komoditas penyumbang inflasi. Hadir saat itu, Jajaran OPD terkait dan jajaran Pengurus TP PKK Kabupaten Tabanan, Camat Marga beserta Ketua TP PKK Marga, dan seluruh Perbekel bersama Ketua TP. PKK Desa se-Kecamatan Marga, Kepala Puskesmas Marga 1 dan 2 beserta tim dan Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Tabanan.

Penyerahan bantuan berupa sembako (Beras, Beras Merah, Telur, Minyak Goreng, Gula Pasir, Kacang Hijau, Kopi, Sarden, Susu dan Masker) ditargetkan kepada 30 penyandang disabilitas, 4 Orang penderita kanker, 2 orang penderita Tuberkulosis, juga disertai penyerahan bantuan 2 kursi roda dan tongkat / tripod. Bunda Rai juga Menyerahkan secara simbolis 2000 Bibit Cabai Kepada Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Tabanan, dimana masing-masing Ketua mendapatkan 200 bibit cabai.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Apresiasi Kekompakan Krama Desa Dauh Peken

“Pada hari ini, saya hadir di tengah-tengah masyarakat di Kecamatan Marga, untuk memberi support khususnya kepada saudara kita yang menyandang disabilitas dan saat ini sedang diberi cobaan menderita kanker dan tuberkolusis. Bantuan yang kami berikan hari ini, jangan dilihat dari jumlahnya tapi ini adalah bentuk perhatian pemerintah agar saudara tetap menjalani pengobatan, tetap berkarya dan jangan pernah putus asa,” jelas Bunda Rai dengan hangat dan semangat.

Bunda Rai seraya mengimbau 316 peserta sosialisasi yang terdiri dari 16 orang ketua TP PKK Desa, 284 Kader PKK Banjar Dinas se-Kecamatan Marga dan 16 orang peserta pemeriksaan Kanker gratis, agar dapat terus berperan aktif, laksanakan tes IVA yang sudah disediakan. Hal ini sangat diharapkan dapat mengingatkan Kader PKK terhadap bahaya kanker serviks dan lakukan deteksi dini. Informasi juga sangat penting terus diaebarluaskan agar bisa mengedukasi ibu-ibu untuk melakukan langkah prefentif dalam pencegahan kanker dan juga melakukan pemeriksaan IVA secara berkala.

Baca Juga :  Bunda PAUD Tabanan Resmikan Gedung TK Negeri Marga

Ny. Ni Wayan Primayani selaku Ketua TP PKK Kecamatan marga menyampaikan ungkapan terima kasihnya atas dukungan dan support yang terus diberikan oleh Ibu Bupati.

“Kami juga mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih oleh Bapak dan Ibu Bupati senagai juara 1 Nasional dalam penanganan kasus stunting tingkat Nasional. Dan kami juga mengucapkan selamat atas pengukuhan Duta Orang Tua Hebat tingkat Nasional untuk penanganan kasus stunting,” sebutnya bangga.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News