Tabanan
Hadiri Rangkaian Persembahyangan dan Pembangunan Secara Sekala, Bupati Sanjaya Apresiasi Karya Krama di Tiga Desa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Pemerataan pembangunan secara sekala dan niskala sebagai bentuk sinergitas program Pemerintah dan Masyarakat yang semakin solid, terjalin dengan kuat di Kabupaten Tabanan. Hal itu terbukti, saat Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., secara beruntun menghadiri dan ngupasaksi rentetan Pemelaspasan dan Karya Agung yang digelar krama/masyarakat di 3 lokasi, Sabtu (16/12/2023).

Bermula dari acara pertama, Sanjaya Menghadiri dan Menandatangani Prasasti Pemelaspasan Pura Batur Dangin Pasar Dauhpala. Pembangunan yang didasari oleh gotong-royong dari 125 KK ini semata-mata juga ditujukan untuk mewujudkan Visi dan Misi Tabanan Era Baru. Turut hadir, Ida Tjokorda Anglurah Tabanan, Anggota DPRD Tabanan, Sekda, Jro Mangku Lanang Istri, Para Kepala OPD, Pimpinan Instansi Vertikal dan Para Kepala Bagian di lingkungan Pemkab Tabanan, Serta Camat, Perbekel, Bendesa Adat dan unsur Forkopimcam Setempat.

Baca Juga :  Jumat Ceria Bersama Bupati Tabanan

Hal ini tentunya mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah, apalagi dalam menjalankan pemerintahan ini, Sanjaya mengedepankan konsep yang diusung dalam HUT ke-530 Kota lalu, yakni Paduraksa Jayaning Singasana.

“Artinya saling kita padukan, saling tengok antar pemerintah dan masyarakat, yang di atas menengok ke bawah begitupun sebaliknya, Pemerintah mengayomi dan saling asah asih dan asuh, ayo kita bangun bersama, bagaimana menuju tatanan Pemerintahan dan masyarakat yang solid,” papar Sanjaya.

Acara kedua, dilanjutkan dengan menghadiri Upacara Pemelaspasan, Pecaruan lan Pujawali Jelih Mecatur Panca Lingga ring Kantor Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan. Dengan Pemelaspasan Kantor Desa yang baru ini, diharapkan kedepannya mampu menyukseskan dan melancarkan berlangsungnya program-program Desa yang telah dicanangkan sebelumnya.

Dilanjutkan pada acara ketiga, Bupati beserta jajaran, hadiri Uleman Ngupasaksi Karya Ngenteg Linggih olih Pratisentana Pasek Gelgel Desa Selanbawak, yang bertempat di Jaba Pura Dadia Pasek Gelgel Desa Selanbawak, Kecamatan Marga, Tabanan.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Ngupasaksi Karya Ngenteg Linggih Pura Sang Hyang Landu 

Di kesempatan itu, pihaknya kembali mengapresiasi karya yang berhasil dilaksanakan dengan mengutamakan rasa tulus ikhlas dan kebersamaan dari 53 KK Desa Selanbawak.

Pelaksanaan Dewa Yadnya dengan rasa tulus ikhlas dan eratnya kebersamaan, selalu digaungkan oleh Bupati Sanjaya selaku murdaning jagat, bagaimana membangun keseimbangan yang harmonis baik alamnya, manusia atau kramanya dan alam lingkungannya. Dukungan itu pun kental terlihat, kala di Sudamara, selain jajaran, Sanjaya juga mengajak Ketua DPRD Tabanan, begitu juga mengajak salah satu anggota DPRD di Desa Selanbwak. Kehadiran serta perhatian dari Bupati saat itu juga memberikan dampak positif dan sangat baik bagi masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Ngupasaksi Dewa Yadnya Lan Rsi Yadnya di Giria Gede Jumpung Desa Sesandan

Selaras dengan hal tersebut, perwakilan krama di tiga Desa menyampaikan terimakasih dan dukungannya. I Nyoman Ariadi selaku Kepala Desa Sudimara berharap, dengan berlangsungnya karya, Keseimbangan bisa terjalin secara sekala dan niskala.

“Ada kemarin, sekarang dan yang akan datang. Kita lakukan keseimbangan secara sekala dan niskala, saya mohon doa restu, semoga keseimbangan tersebut di pemerintah desa bisa maksimal, melakukan pelayanan kepada masyarakat, membawa desa ke arah kebersamaan yang lebih baik,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News