Unud
Fakultas Pertanian Unud Selenggarakan Seminar Nasional Biosains dan Bioteknologi 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Pertanian Universitas Udayana (Unud) gelar Seminar Nasional Biosains dan Bioteknologi 2023, yang berlangsung di Aula Pascasarjana Unud, Rabu (12/12/2023).

Acara seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Dr. Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya. Seminar Nasional ini rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati ulang tahun Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

Dalam sambutannya Dekan menyampaikan bahwa tujuan seminar ini secara umum adalah dalam rangka memperluas wawasan dan membangun jaringan nasional yang kuat, dan secara khusus seminar ini diharapkan dapat memberikan pemahaman  dalam penggunaan mikroskop yang memiliki banyak peran diberbagai bidang termasuk dalam penelitian. Melalui seminar ini nantinya dapat meningkatkan keterampilan dalam bidang penelitian biologis dan menambah karya ilmiah yang dihasilkan.

Kadek Wisma Yudha, S.P., M.P, selaku Ketua Panitia Seminar melaporkan  bahwa kegiatan Seminar ini terlaksana atas kerjasama Fakultas Pertanian Universitas Udayana dengan PT. Wadya Prima Mulia yang diinisiai oleh Prof. Wirawan dan Yawarsa.  Dalam kesempatan kali ini juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Pertanian dengan PT Wadya Prima Mulia.

Baca Juga :  Dishub Denpasar Antisipasi Arus Balik Lebaran, Pastikan Kelancaran Pintu Masuk Hingga Pelabuhan Laut Pengumpan Lokal

Dengan adanya kerja sama ini diharapkan tidak hanya berlangsung kegiatan sebatas pelaksaan seminar saja, namun bisa menjadi awal untuk kerja sama selanjutnya yang terfokus dalam peranan dan pemanfaatan mikroskop seperti pelatihan, workshop indentifikasi dasar dengan menggandeng institusi mitra untuk berkolaborasi.

Dalam pengantar Seminar Nasional ini, Professor Wirawan selaku Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Udayana menyampaikan materi berjudul Penelitian dengan Metode Molekuler dan Mikroskopis Memberi Data yang Khas dan Menjawab Mekanisme.

Selain peserta dari Fakultas Pertanian,  seminar ini juga turut dihadiri  Syahrudin Agung Permana selaku perwakilan dari PT. Wadya Prima Mulia, sekaligus sebagai Narsumber  yang menyampaikan Perkenalan Company Profile dan materi berjudul The Development of Microscopy Technique in Life Science Research.

Narasumber lainnya yaitu Dr. Anak Agung Gede Indraninggrat dari Universitas Warmadewa yang menyampaikan materi berjudul Bioprospecting Antimicrobial Potential of Bacillus sp. SMPRL2 associated with seaweeds Eucheuma cottonii, Fitria Dwi Ayuningtyas, Phd, yang merupakan Kepala Laboratorium Olympus Bio Imaging Center Institut Teknologi Bandung, yang menyampaikan materi berjudul Advance Bioimaging using Confocal Laser Scanning.

Selain itu, hadir pula narasumber internal Universitas Udayana yaitu Profesor I Wayan Supartha, Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Udayana yang menyampaikan materi berjudul Invasive Insect Pest Outbreak in The Last Decade in Bali: Treated and Management, Putu Shinta Devi, SP., M.P, dari Balai Besar karantina Denpasar, dr. Gede Putu Supadmanaba, MSc, Staf pengajar Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, dan Galuh Setyanto Pradana yang membawakan materi berjudul Applied Spectral Imagin: Advanced Microscopy and Digital Analysis for Health -Related Research. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News