Safety Riding
Edukasi Safety Riding AHM, Matangkan Peran Perempuan dalam Keselamatan di Jalan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember, PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringan main dealer sepeda motor Honda seluruh Indonesia memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada sekitar 1.100 perempuan dari Sabang sampai Merauke. Mereka diharapkan menginspirasi masyarakat lainnya, khususnya kaum perempuan untuk berkendara aman.

AHM mengerahkan instruktur handal safety riding Honda pada rentang 11-23 Desember 2023. Para ibu atau perempuan diberikan materi pelatihan safety riding dengan kemasan yang interaktif, menyenangkan, dengan materi kekinian. Peserta datang dari kalangan profesional atau karyawan, akademisi, hingga ibu-ibu PKK.

Tidak hanya penggunaan riding gear yang sesuai dan cara berkendara aman, peserta diberikan pemahaman terkait berbagai pola kecelakaan. Lalu, mereka juga diberikan pengetahuan tentang perilaku berkendara tidak aman yang berpotensi dilakukan pengendara.

”Untuk saya yang setiap hari mengantar anak ke sekolah dan bekerja menggunakan motor, kegiatan ini semakin menyadarkan saya akan pentingnya memperhatikan penggunaan alat-alat safety dalam berkendara,” ucap Riana Fitriani, salah satu peserta dari PKK Kemiling, Bandar Lampung.

Dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari, banyak perempuan masa kini yang menggunakan sepeda motor, baik secara individu maupun bersama keluarga. Agar dapat beraktivitas dengan aman, nyaman, dan tetap stylish, perempuan perlu memperhatikan cara berkendara yang aman dan saling menghormati sesama pengguna jalan lainnya.

General Manager Marketing Planning & Analysis AHM, Andy Wijaya mengatakan, selain mengemban misi untuk terus konsisten berkampanye satey riding, melalui kegiatan ini, perusahaan juga ingin memberikan apresiasi terhadap perempuan di Indonesia yang merupakan sosok berharga. Dari mereka, lahir para generasi penerus bangsa yang dapat membawa perubahan positif dalam keluarga.

Baca Juga :  Video Viral Presiden Jokowi "Makan Siang Gratis" Ternyata Hoaks

”Kaum perempuan terutama sosok ibu memiliki peran strategis dalam mendukung upaya membentuk kesadaran keselamatan berkendara dan perubahan positif sejak dari lingkungan keluarganya, yaitu sebagai pendidik, pelindung dan pengayom. Kami berharap mereka dapat menjadi teladan bagi masyarakat dengan turut serta menciptakan lalu lintas yang tertib dan aman, sekaligus dapat menjadi bagian dari penyelamat kehidupan generasi muda,” kata Andy.

Konsistensi AHM untuk mengampanyekan keselamatan berkendara diwujudkan dalam berbagai kegiatan. Sepanjang tahun ini, 122.822 orang dari Sabang sampai Merauke telah mendapatkan pemahaman pentingnya keselamatan berkendara melalui edukasi safety riding. Edukasi diberikan ke berbagai elemen masyarakat, sekolah mulai dari taman kanak-kanak hingga jenjang perguruan tinggi, sampai dengan memberikan pelatihan kepada komunitas serta instansi swasta dan pemerintah.

Baca Juga :  Indonesia Usulkan 'Centre of Excellence' Jadi Solusi Masalah Iklim

Tak kurang dari 2.465 program kampanye safety riding bekerjasama dengan jaringan Main Dealer Honda seluruh Indonesia mendapat apreasi dan antusias dari para peserta dan penerima manfaat program. Dalam implementasinya seluruh program kampanye safety riding didukung dengan 148 instruktur handal yang berpengalaman dan tersertifikasi oleh AHM, 2.475 advisor dealer dan 1.414 advisor komunitas dalam memberikan pelatihan baik teori dan praktik keselamatan berkendara.

Berbagai kegiatan kolaboratif juga dilakukan AHM untuk terus membuat kampanye safety riding bergema luas. Perusahaan bergandengan dengan berbagai pihak melalui banyak agenda, termasuk bersama dengan PT Astra International Tbk melalui penyelenggaraan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL). Lalu menggandeng PT Jasa Raharja yang dituangkan melalui pelaksanaan program edukasi berkendara, seminar safety riding, hingga kolaborasi pada kegiatan inovasi aman berlalu lintas yakni JR-Rovation. AHM juga turut memperkuat literasi pengetahuan keselamatan berkendara bagi 4.706 mahasiswa dari 29 universitas yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia melalui kegiatan seminar dan diskusi interaktif.

Baca Juga :  Mudik Keluarga Lancar, Simak Inspirasi Penggunaan Fitur Suzuki All New Ertiga Hybrid Cruise

Puncaknya, AHM memberikan dukungan penuh dalam kegiatan Gebyar Keselamatan 2023 bersama Korlantas Polri. Kegiatan ini menjadi salah satu cara berkontribusi pada terwujudnya budaya keselamatan di jalan raya bagi seluruh pengguna jalan, termasuk anggota komunitas pengguna sepeda motor.

Komitmen keselamatan berkendara AHM tidak hanya berhenti dengan menyiapkan instruktur yang handal namun juga dukungan fasilitas pelatihan. Saat ini, fasilitas Safety Riding Center yang dimiliki Honda mendukung berbagai pelatihan keselamatan berkendara di 9 lokasi yaitu Banten, Jambi, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Riau, Medan, Bandung, serta AHM Safety Riding Park yang merupakan pusat pelatihan safety riding sepeda motor Honda terbesar di Kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, AHM juga memiliki 6 sekolah binaan yang terletak di Cikarang-Jawa Barat, Menes-Banten, Binjai-Sumatera Utara, Malang-Jawa Timur, Buleleng-Bali, dan satu lagi di Brebes-Jawa Tengah yang telah memiliki fasilitas Safety Riding Lab sebagai fasilitas penunjang dalam melakukan edukasi keselamatan berkendara di sekolah.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News