Bupati Tabanan
Bupati Tabanan Tandatangani Prasasti Pemelaspasan Pelinggih Pura Batur Puri Singasana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Di tengah kesibukannya yang padat, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., sempatkan hadiri uleman dari krama masyarakat Tabanan sebagai wujud komitmen pengabdiannya untuk membangun Tabanan.

Pada Selasa (19/12/2023) Bupati Sanjaya hadiri 2 uleman sekaligus, yaitu upacara Tigang Rahina Pemelaspasan Pelinggih-Pelinggih di Pura Batur Puri Singasana, Jro Subamia serta Uleman Ngupasaksi Upacara Pemlaspasan Bale Kulkul lan Pujawali di Pura Puseh, Br. Legung, Desa, Tunjuk, Tabanan.

Dalam kehadirannya di tengah masyarakat, Bupati Sanjaya didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, beserta salah satu Anggota DPRD, Sekda beserta Jajaran Kepala OPD terkait yang menjadi wujud nyata kesungguhan Pemerintah Daerah dalam menjaga budaya yang tak terpisahkan dari identitas masyarakat khususnya di Kabupaten Tabanan.

Dalam kunjungan pertama pada upacara Uleman Tigang Rahina Pemelaspasan Pelinggih yang bertempat di Pura Luhur Batur Puri Singasana, Bupati Sanjaya beserta rombongan disambut meriah dengan penampilan tari Pendet sebagai ucapan selamat datang. Usai mengikuti kegiatan sembahyang bersama, kunjungannya sore itu, selain memberikan apresiasi juga sekaligus menandatangani Prasasti Pemelaspasan Pelinggih.

Baca Juga :  JNE Terima Penghargaan Tebar Sejuta Al Quran dari Baitul Maal Hidayatullah

Dilanjutkan dengan menghadiri Uleman Ngupasaksi Upacara Pemelaspasan Bale Kulkul lan Pujawali di Pura Puseh, Br. Legung, Desa Tunjuk, Tabanan, Sanjaya apresiasi kekompakan krama Banjar Legung dalam gotong-royong untuk mewujudkan pembangunan dan karya. Adapun Karya yang puncaknya jatuh pada Buda Kliwon Sinta besok ini dipuput oleh Jero Mangku Pura setempat. Partisipasi aktif krama juga dilibatkan dalam gotong-royong dengan urunan menyongsong Karya.

Sekaligus didalam kesempatan tersebut Sanjaya ajak masyarakat untuk kompak bersatu mengusung pembangunan Kabupaten Tabanan.

“Pemerintah selain menjalankan administrasi kepemerintahan, di Bali sebagai Murdaning Jagad dan Guru Wisesa. Jadi tetap harus dijaga hubungan harmonis sinergisitas, baik di pembangunan di kewilayahan Desa Dinas maupun di Desa Adat. Saling Asah Asih Asuh untuk mewujudkan Tabanan yang Aman, Unggul, Madani,” seru Sanjaya.

Krama pun menyampaikan penghargaan dan terima kasihnya atas kehadiran dan dukungan Bapak Bupati. I Ketut Kacui selaku Ketua Panitia dalam Karya di Tunjuk, sampaikan ucapan terimakasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan oleh Bupati Tabanan yang turut membantu meringankan masyarakat Banjar Legung dalam perbaikan Bale Kulkul yang sebelumnya kondisinya telah rusak akibat gempa tersebut.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News