Ngodak
Bupati Giri Prasta saat menghadiri Karya Ngodak Tapakan Pura Desa Banjar Kiadan Petang, Senin (25/12/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bertepatan dengan Rahinan Kajeng Kliwon Wuku Landep, Senin (25/12/2023), krama pengempon Pura Desa, Desa Adat Kiadan, Kecamatan Petang melaksanakan Upacara Ngodak Tapakan Ida Batara Ratu Bagus Alit, Ratu Niang Sakti dan Ratu Ayu.

Karya yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Diksa Manuaba Griya Babakan, Desa Cau Belayu Tabanan ini dihadiri langsung Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, Kadisbud Badung, Gde Eka Sudarwhita, Camat Petang, AA Ngurah Raka Sukaeling, Perbekel Desa Pelaga, Made Ordin, tokoh muda kreatif, Bima Nata, Bendesa Adat Kiadan serta krama pengempon pura.

Baca Juga :  Sanggar Seni Majalanggu, Duta Kabupaten Badung Tampilkan “Arja Cupak” dalam Pergelaran Revitalisasi Kesenian Klasik

Sebagai wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Badung, Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan dana Pemkab Badung secara simbolis sebesar Rp800 juta dan Bima Nata secara pribadi sebesar Rp25 juta.

Dalam sembrama wacananya Bupati Giri Prasta menyampaikan rasa bahagia karena masyarakat setempat dan pengempon pura sudah melaksanakan karya dewa yadnya dengan semangat dan gotong royong. Karya ini dilaksanakan sebagai wujud bhakti masyarakat kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

“Tentu dalam pelaksanaan karya yang besar ini dilaksanakan sesuai dengan suksemaning barong yaitu dengan bebarengan atau bersatu, saya harapkan masyarakat harus gotong royong bersatu agar semua berjalan dengan baik lancar di sida sidaning don,” ucap Bupati Giri Prasta.

Lebih lanjut Pihaknya berharap melalui karya ini, mudahan-mudah nantinya akan mendapatkan kerahayuan sekala dan niskala untuk masyarakat, segilik seguluk sebayantaka, paras-paros sarpa naya serta gemah ripah loh jinawi.

Baca Juga :  Diskop UKMP Badung Gelar Pelatihan Desain Mode untuk UMKM dengan 30 Peserta

Sementara Prawartaka Karya, I Nyoman Laba menyampaikan terima kasih kepada murdaning jagat Badung, Bupati Giri Prasta yang sudah berkenan hadir sekaligus memberikan bantuan dana hibah sehingga karya dapat berjalan dengan labda karya paripurna. Dilaporkan terkait dana yang dihabiskan dalam karya ngodak petapakan di pura desa ini kurang lebih sebesar Rp1 miliar.

“Mudah-mudahan Ida Sang Hyang Widhi selalu memberikan kerahayuan kepada kita semua dan khususnya kepada Bapak Bupati Badung sehingga bisa dapat terus hadir memberikan bantuan meringankan beban masyarakat,” ungkapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News