BRI Mangrove
Britama Tanam Kebaikaan, BRI “Hijaukan” Taman Hutan Raya Ngurah Rai. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – BRI menanam 33.000 pohon manggrove serentak di 6 kota yaitu di Lampung, Semarang, Banjarmasin, Makassar, Sorong, dan Bali. Di Bali penanaman mangrove dilakukan di Mangrove Arboretum Park, Benoa, Bali pada Senin (4/12/2023) siang. Penanaman mangrove di Bali dihadiri oleh CEO BRI Regional Office Denpasar, Recky Plangiten, Public Figur, Nana Mirdad, CEO & Founder BenihBaik.com, Andi F. Noya, serta jajaran manajemen BRI.

Pada hari itu, Recky Plangiten juga menyerahkan donasi dari nasabah BRI yang telah terkumpul untuk penanaman mangrove. Recky mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah konkret dari komitmen BRI untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Sebelumnya, telah dilaksanakan roadshow di berbagai daerah, mulai dari kampus-kampus terkemuka seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Hassanudin hingga pusat perbelanjaan dan lokasi strategis lainnya.

“Kami ingin melibatkan mahasiswa, civitas akademika, dan masyarakat umum untuk ikut serta dalam penanaman pohon mangrove,” ujarnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Festival Beraban 2024, Harapkan Jadi Langkah Pelestarian Seni Budaya Kalangan Muda

Pohon mangrove, sebagai penjaga ekosistem pesisir, memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian bumi kita. Acara ini tidak hanya sekadar suatu rangkaian kegiatan, namun juga sebuah manifestasi nyata dari komitmen BRI dalam menggandeng BenihBaik.com untuk menjalankan program BritAma Tanam Kebaikan.

Melalui kolaborasi ini, ia berupaya memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar, sekaligus memberikan makna yang mendalam untuk Indonesia. BRI menyadari bahwa langkah-langkah kecil dalam menjaga kelestarian bumi perlu digalakan, dan ia ingin menjadi bagian dari perubahan positif tersebut.

Melalui program BritAma Tanam Kebaikan, ia ingin mengajak nasabah BRI yang membuka rekening BritAma secara digital melalui BRImo dengan saldo minimum Rp1 juta untuk berpartisipasi dalam penanaman pohon mangrove. Sebuah konversi yang tidak hanya memberikan manfaat kepada nasabah, namun juga memberikan kontribusi nyata untuk lingkungan dan masyarakat.

Saat ini sudah terkumpul 33.000 bibit Pohon Mangrove dari program BritAma Tanam Kebaikan yang akan akan menjadi bagian dari penanaman bersama BenihBaik di berbagai daerah di Indonesia, dari Lampung hingga Papua. Rangkaian acara ini akan ditutup dengan caremony penanaman yang akan dilakukan secara langsung di Tanjung Benoa Bali.

“Kami berharap melalui program BritAma Tanam Kebaikan ini, kita semua dapat memberikan dampak positif bagi nasabah BRI, masyarakat Indonesia, dan tentu saja, bagi keberlanjutan bumi kita,” imbuhnya.

BRI Mangrove
Britama Tanam Kebaikaan, BRI “Hijaukan” Taman Hutan Raya Ngurah Rai. Sumber Foto : Istimewa

Andi F. Noya mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan BRI. “Terima kasih atas partisipasi dan dukungan semua pihak yang terlibat. Mari bersama-sama menjadi agen perubahan positif dan senantiasa Memberi Makna untuk Indonesia. Saya berharap suara dari sini gaungnya kemana–mana karena ini berkaitan dengan kepedulian kita pada lingkungan kita. Bumi kita kian sekarat, peran kita saat ini mungkin kelihatan kecil tapi jika dilakukan bersama–sama maka akan menjadi gerakan besar,” ujarnya.

Baca Juga :  PPDB SMP Negeri Denpasar 2024: Daya Tampung Berkurang, Empat Jalur Pendaftaran Tetap Digunakan

Perwakilan UPTD Tahura Ngurah Rai, Yuda Wibawa menyambut baik gerakan yang dilakukan BRI. Selain itu bantuan dari BRI bekerja sama dengan BenihBaik.com merupakan kolaborasi yang baik. UPTD Tahura Ngurah Rai mengelola Kawasan hutan mangrove 1.373,5 ha yang terbentang dari Pantai Mertasari hingga Tanjung Benoa. Tutupan mangrove dikatakan sudah bagus, lebih dari 80%, tinggal lahan yang sifatnya ekstrem. Maka dari itu, dilakukan metode penanaman dengan system guludan tidak lagi konvensional.

“Dengan sistem guludan, dinilai keberhasilan mangrove untuk tumbuh lebih baik,” pungkas Yuda Wibawa dalam wawancara, Senin (4/11/2023).(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News