STEKOM
Universitas STEKOM Semarang gelar vokasi nasional dan expo kewirausahaan "1st Indonesia Vocational Link and Match" di Bali. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas STEKOM) Semarang bekerja sama dengan PERKIVI (Perkumpulan Komunitas Industri dan Vokasi) dan PTIC (Perkumpulan Teacherpreneur Indonesia Cerdas), dalam waktu dekat akan menggelar Vokasi Nasional dan Expo Kewirausahaan di Bali, dengan mengusung tema “1st Indonesia Vocational Link and Match” acara tersebut diagendakan berlangsung di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, pada 17-30 November 2023 mendatang.

Dalam kesempatannya, Dr. Joseph Teguh Santoso, M.Kom., selalu Rektor Universitas STEKOM kepada baliportalnews.com menjelaskan, kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan, melalui vokasi dan pelatihan guna memperkuat kolaborasi dan kecocokan antara institusi pendidikan, dunia usaha, dan pariwisata.

“Dalam konteks ini, kami dengan kerendahan hati ingin mengajak seluruh ekosistem untuk bersama-sama hadir dalam vokasi nasional dan expo kewirausahaan tersebut. Sebuah acara yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem vokasi kemitraandan kerja sama harmonisasi antara seluruh stakeholder terkait,” ungkap Rektor STEKOM kepada Baliportalnews.com, Senin (13/11/2023).

Lebih lanjut ia memaparkan, sebagaimana implementasi Perpres 68 tahun 2022, kegiatan “1st Indonesia Vocational Link and Match” memiliki tujuan untuk menyiapkan peserta didik, terutama agar siap bekerja ataupun berwirausaha dibidang tertentu, melalui pendidikan tinggi sehingga para peserta benar-benar siap untuk menerapkan keahliannya.

Baca Juga :  Bunda Literasi Denpasar Buka Program SSEC dan Workshop Permainan Tradisional

Dr. Joseph juga menjelaskan, kegiatan “1st Indonesia Vocational Link and Match” yang berlangsung selama 13 hari tersebut nantinya akan diisi berbagai macam kegiatan, diantaranya:

  1. Sharing dan Diskusi: Para pemimpin industri terkemuka akan berbagi pengalaman dan wawasan tentang perkembangan terkini dalam industri, tantangan yang dihadapi, peluang yang ada. Para ahli dan praktisi akan terlibat dalam diskusi panel yang mendalam mengenai isu-isu kunci dalam bidang vokasi, memberikan perspektif yang beragam dan pemahaman yang lebih mendalam.
  2. Menjaring Koneksi: Peserta acara akan diberikan kesempatan untuk berinteraksi dan menjalin koneksi dengan perwakilan perusahaan dan institusi vokasi. Sesi ini kan menciptakan ruang untuk pertukaran ide, kolaborasi, dan peluang kerja sama.
  3. MoU bersama Dudika: Penandatanganan MoU, institusi pendidikan dan DUDIKA akan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang melibatkan komitmen jangka panjang dalam bidang pendidikan vokasi, kolaborasi, pertukaran pengetahuan, dan peluang kerja sama lainnya.
  4. Penjelasan Bursa Kerja Khusus (BKK) dan Tracer Study gratis: Ahli bursa kerja akan memberikan penjelasan mendalam tentang pentingnya bursa kerja khusus dalam mengarahkan siswa menuju pilihan karir yang sesuai dengan minat dan potensi mereka. Mentor ahli akan memaparkan pentingnya pelacakan jejak lulusan dan manfaatnya dalam memahami keberhasilan karir mereka serta memberikan masukan bagi penyempurnaan program pendidikan vokasi di masa mendatang.
  5. Expo Kewirausahaan: Pameran Produk dan Inovasi terpilih dari 30 SMK di Provinsi Bali, ribuan produk kewirausahaan SMK, layanan, dan inovasi mereka kepada peserta acara. Expo ini akan memberikan wawasan tentang potensi kewirausahaan di bidang vokasi serta menjadi platform bagi kolaborasi dan pertukaran ide.
Baca Juga :  Pertamina Goes To Campus, Langkah Kolaborasi Pertamina Hadapi Trilema Energi

“Kami mengharapkan, kegiatan ini nantinya dapat membangun kemitraan yang lebih erat antara institusi vokasi, institusi pendidikan, industri, dan siswa. Kami meyakini bahwa dengan memperkuat hubungan ini, kita dapat menghasilkan lulusan vokasi yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang terus berkembang kedepan,” pungkasnya. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News