Kukuhkan Pengurus KTNA Kota Denpasar
Sekda Alit Wiradana Kukuhkan Pengurus KTNA Kota Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana mengukuhkan pengurus Kelompok Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kota Denpasar periode 2023-2028, di Kantor BKPSDM, Lumintang pada Jumat (24/11/2023).

Adapun jajaran pengurus inti yang dikukuhkan, berjumlah 7 orang dengan Ketua Umum, Ir. Wayan Merta Jiwa, MP dan Sekretaris Ni Wayan Purnami Rusadi.

Usai mengukuhkan, Sekda Kota Denpasar, Alit Wiradana yang membacakan sambutan Wali Kota Denpasar menyebutkan, KTNA berperan penting dalam mempersatukan petani dan nelayan dengan pengusaha pangan untuk meningkatkan perluasan ruang usaha untuk kemandirian pangan.

“Pemkot Denpasar menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini. Kami berharap, melalui KTNA, kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi yang sehat, terutama dalam bidang pertanian, peternakan serta hasil laut,” katanya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Bali Pimpin Apel Hari Otonomi Daerah Ke-28 di Kantor Gubernur Bali

Sekda Alit Wiradana juga menegaskan, pembangunan daerah bukan menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun semua elemen masyarakat.

“Untuk itu, dalam pertumbuhan ekonomi yang menjadi catatan bukan hanya keuangan saja, melainkan juga harus ada aspek sosial dan pemberdayaan lingkungan dan masyarakat yang harus diperhatikan. Hal ini juga harus didasarkan pada semangat Vasudhaiva Kutumbhakam,” lanjutnya.

Ketua Panitia kegiatan itu, Anak Agung Ngurah Gede Windhi Kusjaya menjelaskan, Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (Kelompok KTNA) adalah organisasi profesi dan bersifat independent yang berorientasi pada kegiatan sosial ekonomi di sektor pertanian, perikanan dan kehutanan, berbudayakan agribisnis berbasis di pedesaan dan berwawasan lingkungan. Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan Kelompok KTNA dari tingkat Desa/Kelurahan sampai Nasional, Pengurus Kelompok KTNA di seluruh Indonesia berjumlah lebih dari 600 ribu orang.

“Hari ini selain pengukuhan pengurus Kota Denpasar, kami juga menyelenggarakan sarasehan bertema “Rangkul Pasar Produksi Lancar”. Sarasehan ini juga dapat dijadikan sebagai forum konsultasi dan dialog antar Kelompok KTNA dan juga para stakeholder terkait,” jelasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News