Posyandu Kecubung Desa Patas
Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali Apresiasi Kinerja Kader Posyandu Kecubung Desa Patas Kabupaten Buleleng. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Keberhasilan Posyandu Kecubung Banjar Dinas Yeh Panes, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak menjadi yang terbaik se-Provinsi Bali dalam Lomba Kader Posyandu Inovatif tahun 2023, mendapatkan apresiasi oleh Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Ida Mahendra Jaya. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada acara “Berkunjung dan Berbagi” di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Rabu (8/11/2023).

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ir. Ketut Lihadnyana, MMA, Sekda Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd., Pj Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Paramita Lihadnyana, Kepala SKPD terkait Provinsi Bali dan Pemkab Buleleng, Camat Gerokgak dan Perbekel se-Kecamatan Gerokgak.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesehatan Penderita TB, Pemkot Denpasar Serahkan Sembako

Dalam kunjungannya, Ia juga meninjau Posyandu Kecubung, penyuapan PMT (Pemberian Makanan Tambahan)  kepada perwakilan 5 balita serta menyerahkan bantuan kepada balita. Selain itu, Ny. Ida Mahendra juga menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada masyarakat.

Ny. Ida Mahendra Jaya, juga memberikan penyuluhan pencegahan stunting kepada masyarakat. Dalam penyuluhan tersebut, Ida Mahendra menekankan pentingnya pemenuhan gizi dan kesehatan untuk mencegah stunting.

“Saya mengingatkan kepada ibu-ibu untuk tetap menjaga dan merawat anaknya sehingga kebutuhan gizi anak dapat terpenuhi,” ujar Ny. Ida Mahendra Jaya.

Dirinya juga menegaskan, pencegahan stunting tentunya harus menjadi perhatian semua pihak, bukan hanya menjadi program pemerintah saja.

Baca Juga :  Seriusi Penanganan DBD, Pemkot Denpasar Gelar Rapat Koordinasi Antar Pihak Terkait

“Pencegahan stunting harus dilakukan sejak dini, para calon ibu harus selalu melakukan kontrol agar calon bayi selalu mendapatkan gizi yang baik dan dapat mencegah stunting,” imbuhnya.

Sementara itu, Pj Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana dalam sambutannya mengatakan, sebelumnya, angka stunting di Kabupaten Buleleng mencapai angka 11,20% dan menjadi yang tertinggi di Bali.

“Angka tersebut berhasil diturunkan secara signifikan. Tahun ini stunting di Kabupaten Buleleng hanya ada di angka 2,7%. Tentunya hal ini tidak terlepas dari peran kader posyandu, contohnya posyandu Kecubung Desa Patas ini,” katanya.

Baca Juga :  Komisioner KASN Apresiasi ASN Pemkab Buleleng

Usai kegiatan tersebut, Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Ida Mahendra Jaya mengunjungi balita yang terindikasi stunting. Dalam kunjungannya, Ny. Ida Mahendra memberikan bantuan berupa paket makanan sehat dan juga susu.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News