POCO
Jangan Panik! Begini Cara Melacak dan Mengunci Hape POCO yang Hilang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Sebagai hape yang cocok buat gaming, pastinya POCO sering kali dibawa ke tempat nongkrong buat mabar, dong. Sebut saja POCO X5 5G yang ditenagai Snapdragon 695 5G punya performa paling ekstrem di kelasnya buat melibas game-game favorit, juga desain rampingnya yang keren bikin standout di tongkrongan. Makanya nggak jarang juga hape POCO ketinggalan selepas asyik mabar, dan hilang. Duh! Jadi panik.

Eits. jangan keburu panik dulu, dong. Soalnya, selain dikenal berkat performa dan harganya yang ekstrem, POCO juga punya fitur keamanan yang mumpuni.

Andi Renreng selaku Associate Director Marketing POCO Indonesia mengatakan, bukan cuma unggul dari sisi performa dan harganya yang ekstrem, hape POCO juga dibekali fitur keamanan yang oke banget.

“Salah satunya kalau hape POCO kita hilang, entah karena dicuri atau kita sendiri yang kelupaan di mana meletakkannya, bisa segera dilacak dan dikunci supaya nggak disalahgunakan oleh orang lain,” ucap Andi.

Melacak hape POCO yang hilang

Begini, nih, caranya. Nggak sulit, kok. Tapi, pastikan kamu memiliki Akun Xiaomi dan terhubung pada Mi Cloud di hape tersebut ya.

  1. Kunjungi website Mi Cloud di mi.com menggunakan perangkat seperti laptop atau PC.
  2. Di pojok kanan atas terdapat opsi untuk mengganti bahasa, misalnya ke bahasa Indonesia.
  3. Pilih ‘Masuk dengan Akun Mi’ kemudian log in (bisa menggunakan email, nomor hape, atau ID Mi yang terdaftar pada akun Mi di hape yang hilang). Itu adalah akun layanan Xiaomi Cloud buat membantu mencari, mengunci, menyembunyikan, maupun menghapus hape kita.
  4. Klik ‘Cari perangkat’ untuk mulai mencari lokasi hape terkini.
  5. Jika belum pernah mengunjungi fitur ini, maka kamu akan diminta memilih tipe hape yang digunakan.
  6. Kalau titik lokasi yang muncul warnanya biru, berarti hapenya dalam keadaan aktif. Tapi kalau berwarna abu-abu dan ada tulisan waktu terakhir online, berarti hape sedang tidak aktif sehingga lokasinya merupakan lokasi terakhir kali ketika hape aktif.
  7. Setelah lokasi ditemukan, zoom peta yang muncul untuk memastikan tingkat keakuratan posisi hape.
  8. Ketika sudah berada di titik lokasi hape yang hilang, kita dapat membunyikan hapenya dengan menekan opsi ‘Bunyi’ yang ada kiri bawah menu dari hape yang ditemukan. Suara akan aktif meski hape dalam keadaan silent.

Perlu diingat bahwa pelacakan bisa dilakukan bila fitur ‘Cari perangkat’ (Find device) di hape sudah diaktifkan, dan lokasi akan terbaca kalau hape terkoneksi jaringan internet. Sehingga, dianjurkan buat mengaktifkan fitur tersebut dan mencoba lacak hape sebelum kejadian hape terlanjur hilang.

Baca Juga :  WINGS Food Sediakan Pondok Rehat di Jalur Mudik, Pemudik Wajib Tahu

Ketika hape hilang, disarankan buat melapor ke polisi sesegera mungkin dan laporkan juga kehilangan akun utama. Kemudian ubah kata sandi secepatnya untuk melindungi keamanan akun.

Mengunci (memblokir) hape dan menghapus datanya

Di samping opsi ‘Bunyi’, ada ‘Mode hilang’ dan ‘Hapus data’ pada menu dari hape yang ditemukan, buat menghindari penyalahgunaan oleh orang lain.

Untuk mengunci hape, dapat menggunakan opsi ‘Mode hilang’. Begini caranya:

  1. Pilih ‘Mode hilang’
  2. Tekan ‘Ganti ke Mode Hilang’
  3. Masukkan pesan kehilangan pada menu ‘Masukkan pesan layar kunci’ dan masukkan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  4. Pilih ‘Kunci’
  5. Pilih ‘Selesai’
Baca Juga :  40 Persen Omzet dari Ekspor, UMKM Pekalongan Ungkap Strategi Tembus Ekspor bersama Shopee

‘Mode hilang’ akan mengunci hape, sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya sampai adanya log in yang sukses menggunakan akun Mi Cloud yang terdaftar.

Lebih lanjut, jika ingin menghapus data, pilih ‘Hapus data’. Fitur ini akan menghapus semua file dan data pada hape POCO yang hilang, untuk mengamankan dari tindakan jahat terhadap data yang tersimpan.

Info tambahan: permission pada fitur ‘Find device’

Kita bisa melacak dan mengunci hape POCO yang hilang berkat fitur ‘Find device’. Untuk menjalankan tugasnya, fitur ini membutuhkan beberapa permission (izin) berikut ini:

  • Access device info. Mengakses nomor hape buat melacak perangkat ketika tidak terkoneksi internet. Bila hape tidak terkoneksi internet, lokasi yang diinformasikan tidak real time, melainkan lokasi terakhirnya ketika terhubung internet.
  • Access location. Akses buat melacak lokasi hape secara real time (membutuhkan koneksi internet).
  • Send SMS. Jika hape mati atau tidak terkoneksi internet, SMS akan dikirim untuk meng-update info soal lokasinya secara rutin. Operator hape akan mengenai biaya untuk pesan ini.
Baca Juga :  Jadi Skutik Paling Pas dan Populer, New Honda Vario Tapil Makin Gaya

“Berkat fitur keamanannya yang unggul, bikin hape POCO makin terpercaya. Semoga semua pengguna POCO makin merasa aman dan tenang saat beraksi bersama hape kesayangannya ini di keseharian,” tutup Andi.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News