Pitra Yadnya
Hadiri Karya Pitra Yadnya Banjar Pande, Bupati Sanjaya Sampaikan Terima Kasih Kepada Seluruh Masyarakat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dengan tulus hati, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungan dan kerjasama yang luar biasa. Kontribusi dan semangat kebersamaan dan gotong-royong masyarakat dikatakan menjadi pilar utama terwujudnya visi misi besar menuju Tabanan Era Baru serta membangun komunitas yang solid dan harmonis.

“Mari kita terus berkolaborasi, saling mendukung, dan bersama-sama membangun masa depan Tabanan yang lebih baik,” tegas Sanjaya saat memenuhi undangan Ngupasaksi Pitra Yadnya Ngaben Bersama, Ngelungah dan Metatah krama/masyarakat Banjar Pande yang berlangsung di Balai Banjar Pande, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, Sabtu (18/11/2023).

Baca Juga :  Bupati Tabanan Apresiasi Kekompakan Warga Banjar Tuakilang Baleran

Kehadiran Sanjaya di Bale Banjar Adat Pande disambut dengan antusias oleh Perbekel, Bendesa Adat, Panitia Karya dan juga krama setempat. Kehadirannya juga turut serta mengajak salah satu anggota DPRD, Sekda, Jajaran Pimpinan OPD terkait, Kepala Bagian Setda, Camat Tabanan, dikatakannya bahwa tujuannya tidak serta-merta memberikan bantuan, namun juga memberikan doa restu selaku Murdaning Jagat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sanjaya menyampaikan apresiasinya kepada seluruh krama adat yang telah kompak bergotong-royong dalam tiap pelaksanaan Yadnya yang sudah berlangsung selama 3 periode tersebut, yang tentunya sangat membantu dalam meringankan beban masyarakat. Disampaikan juga, sejalan dengan tema HUT ke-530 Kota Tabanan ‘Padurkasa Jayaning Singasnana’ bagaimana ‘Paduraksa’ yaitu menjaga keharmonisan, kebersamaan gotong-royong antara masyarakat dan pemerintah.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Hadiri Upacara Segara Kerthi Bali Nice World Water Forum 2024

“Dalam rangka Pemerintah menjalankan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Bagaimana membangun keseimbangan keharmonisan jagat, baik kramanya, manusianya, alam lingkungannya dan budayanya. Pelestarian adat, agama dan budaya, sehingga ideal tidak mahal, tidak murah. Maka dari itu, pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat ikut membantu memberikan kontribusi, selain memberikan doa restu juga memberikan bantuan,” jelas politi asal Dauh Pala Tabanan itu.

Sesuai data, upacara Pitra Yadnya Ngaben Bersama yang dirangkaikan dengan Upacara Manusa Yadnya (Metatah) ini diikuti oleh 13 Sawa Ngaben, 18 Sawa Ngelangkir dan 36 Orang Metatah, dikatakan sudah menjadi program 5 tahunan dari krama Banjar Pande sesuai Penuturan Ketua Panitia Karya Nengah Yuda Sutrisna. Imbuhnya, per KK dikatakan urunan 10 ribu rupiah per bulan untuk mensupport program ini.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Hadiri Acara Penghargaan CNN Indonesia Award 2024

“Program ini sangat membantu masyarakat kami di Banjar Pande, benar benar sangat diringankan dengan program niki. Dengan kehadiran Bapak Bupati dalam kesempatan yang baik ini, tiang minta arahan dari Bapak dan terimakasih untuk dukungan bantuan dana untuk program kami. Harapan kami kedepannya program ini dapat berlanjut dan Bapak tetap bisa memberikan dukungan kepada kami karena program ini sangat-sangat membantu kami,” pungkas Yuda Sutrisna.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News