Unud
Dari 1.140 Kuota KIP Tahun 2023 di Universitas Udayana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Biro Kemahasiswaan Universitas Udayana (Unud) selenggarakan Bimbingan Teknis Pengenalan Sistem Pembelajaran Tepat Waktu dan Pembinaan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (pendidikan berkarter) bagi Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Angkatan 2023, bertempat di Gedung Widyasbha Universitas Udayana, Senin (13/11/2023).

Ketua Panitia kegiatan, Ketut Desi Anggraeni Sulistiawati dalam laporannya menyampaikan bahwa komponen penerima KIP dibagi menjadi 2 yaitu KIP biaya pendidikan dengan biaya hidup dan KIP biaya pendidikan tanpa biaya hidup. Dari total 1.140 kuota beasiswa KIP saat ini sudah terserap sebanyak 838 dan masih ada sisa kuota yang apabila tidak terserap akan dikembalikan ke pemerintah.

Baca Juga :  Memimpin Langkah Menuju Kemajuan Bersama, Program KKN Mahasiswa Unmas Denpasar Kolaborasi dengan Warga di Desa Singapadu

Berdasarkan daya serap kuota KIP, dapat mencermintakn taraf hidup mahasiswa yang meningkat karena tidak semua besiswa terserap.

“Adapun tujuan dari pelaksanaan bimbingan teknis ini adalah agar penerima KIP memiliki karakter dan bertanggung jawab, serta berprestasi baik di bidang akademik, maupun non akademik dan memahami hak dan kewajiban sebagai penerima KIP,”ungkapnya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan, I Ketut Sudarsana, ST., PhD., dalam sambutannya berpesan bahwa mahasiswa KIP harus lulus tepat waktu dan kelak menjadi alumni Universitas Udayana yang memiliki rasa kebangsaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 45.

“KIP tidak diberikan kepada semua mahasiswa, tapi kepada mahasiswa yang memilili persyaratan khusus, maka dari itu penerima KIP harus dapat memanfaatkan fasilitas pemerintah yang telah diberikan dengan penuh tanggung jawab,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

Kegiatan bimbinang teknis ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Ketua Unit Pengembangan Beaiswa, Dewa Gede Pradnya Yustiawan, SH., MH., yang menyampaikan materi tentang Pemanfaatan Biaya Hidup Menunjang Kegiatan Akademik, Komang Rahayu Indrawati, S.Psi., M.Si., dari Program Studi Psikologi yang membawakan materi tentang Pendidikan Berkarakter bagi Mahasiswa KIP Kuliah angkatan 2023, dan yang ketiga adalah Dr. Ir. Ketut Sardiana, M.Si., yang membawakan materi tentang pengenalan MBKM Penerima KIP Kuliah angkatan 2023. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News