Minum
Instructor Safety Riding, Yosepth Klaudius. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kebanyakan masyarakat melakukan aktivitas menggunakan sepeda motor menjadi pilihan praktis untuk sehari-hari. Cuaca yang akhir-akhir ini sangat panas membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, aktivitas berkendara tidak akan seoptimal biasanya. Agar tetap dapat berkendara dengan aman dan nyaman saat cuaca yang panas, berikut tips untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat naik motor.

Gejala awal dehidrasi dapat ditandai dengan badan terasa lemas, kepala pusing dan tenggorokan terasa kering, untuk itu kita perlu memperhatikan tips-tips berikut:

Pertama :  Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Selalu membawa air segar dengan minum 8-12 gelas perhari, ketika berkendara dan jangan minum minuman yang manis dan beralkohol

Baca Juga :  NURULS, Tips Berbelok di Persimpangan untuk Wanita Agar Selalu #Cari_Aman

Kedua : Kurangi aktivitas di waktu tertentu

Perhatikan waktu perjalanan, jika memungkinan hindari perjalanan ketika siang hari. Atur jadwal berhenti secara teratur selama perjalanan. Setiap 60-90 menit, cari tempat yang aman untuk istirahat sejenak. Selama istirahat, minum air secukupnya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Ketiga : Kenali kondisi tubuh saat berkendara

Ketika sedang berkendara rasakan gejala dehidrasi yang mulai muncul seperti mulut kering, pusing, mata kering, atau kulit kemerahan. Jika Anda merasakan gejala tersebut, segera berhenti, mencari tempat teduh untuk beristirahat, minum air, dan mengecek kondisi kendaraan sebelum melanjutkan perjalanan.

Baca Juga :  Siap Balik Mudik Pakai Motor, Yuk Intip Biar selalu #Cari_Aman

Keempat : Pilihlah apparel riding yang nyaman

Mengenakan kelengkapan berkendara disarankan yang nyaman dengan tubuh misal jaket yang berwarna cerah seperti merah, kuning yang tidak mudah menyerap panas karena jika menggunakan warna gelap cenderung menyerap panas, dan disarankan jaket bisa terkena angin saat berkendara. Lalu sarung tangan untuk melindungi tangan dari teriknya sinar matahari, helm dengan kaca hitam yang nyaman untuk melindungi mata dan kepala serta jangan lupa selalu #Cari_Aman.

Kelima : Kendalikan emosi

Menjaga emosi di cuaca yang panas sangat diperlukan, salah satunya membuat hati lebih tenang karena cuaca panas, banyak pengguna jalanan ingin sesegera mungkin tiba di rumah yang membuat mereka melanggar aturan lalu lintas. Meskipun anda benar, namun jika melakukan pelanggaran tentunya akan beresiko terjadi kecelakaan.

Baca Juga :  Pontedera Jadi Tuan Rumah Vespa World Days 2024

Instructor Safety Riding, Yosepth Klaudius mengharapkan saat berkendara sebisa mungkin membuat diri kita nyaman, jangan mudah terpancing emosi apalagi di jalan raya, jika sudah lelah, beristirahatlah jangan memaksakan diri.

“Dengan cuaca yang terik seperti sekarang, akan lebih mudah saat berkendara merasa lelah, tetaplah waspada dan persiapkan diri agar tetap nyaman berkendara serta selalu #Cari_Aman,” tutup Yoyo.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News