Unud
Plt. Rektor Unud, Prof Ir Ngakan Putu Gede Suardana MT PhD IPU., saat membuka kuliah Umum. Sumber Foto : ads/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN  Universitas Udayana (Unud) menggelar acara kuliah umum dengan tajuk ‘Transformasi Universitas Udayana Menjadi Perguruan Tinggi Negeri – Badan Hukum’ di Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran pada Senin 30 Oktober 2023.

Acara ini merupakan langkah penting dalam perjalanan Unud menuju status Perguruan Tinggi Negeri – Badan Hukum (PTN-BH). Menghadirkan narasumber Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng.,dan  Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknolog Prof. Tjitjik Srie Tjahjandarie, Ph.D.

Plt. Rektor Unud, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana., MT., PhD., IPU., menyambut kedua narasumber, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU., Asean Eng., dan Prof. Tjitjik Srie Tjahjandarie, Ph.D., yang telah berkenan hadir untuk berbagi wawasan mengenai PTN-BH.

Penting untuk diingat bahwa status PTN-BH bukanlah sesuatu yang mudah diperoleh. Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Kementerian DikbudRistek sangat selektif dalam memberikan izin transformasi menjadi PTN-BH. Proses persiapan Unud dimulai sejak tahun 2022, meliputi kajian kelayakan, penyusunan dokumen pendukung, pengusulan perubahan status, merumuskan Visi dan Misi PTN-BH Unud, dan presentasi kepada reviewer.

Baca Juga :  Rayakan HUT Ke-6, SMP Negeri 5 Abiansemal Tanam Ratusan Pohon dan Bhakti Sosial
suasana kuliah umum di kampus bukit jimbaran. Sumber Foto : ads/bpn

Pada tahun 2023, Unud melanjutkan proses transformasi berdasarkan arahan Dirjen Dikti. Unud telah melakukan perbaikan dan penyesuaian terhadap dokumen pendukung, seperti Dokumen Evaluasi Diri, Dokumen Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP), dan Dokumen Rencana Peralihan. Dokumen RPP PTN-BH Unud telah disampaikan ke Direktur Kelembagaan Ditjen DiktiRistek.

Sementara menunggu pembahasan RPP PTN-BH Unud, Tim Persiapan PTNBH Unud telah melakukan berbagai aktivitas, termasuk memantapkan dan mensosialisasikan Rumusan Visi dan Misi PTN-BH Unud serta menyusun berbagai rancangan peraturan penting pasca transformasi.

Baca Juga :  Semarak Hardiknas, Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar Sapa Siswa TK di Denut dan Denbar

Dalam sambutannya, Plt. Rektor Unud mengharapkan dukungan dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi agar proses transformasi Unud dapat berjalan lancar dan Unud dapat masuk ke dalam Progsun PP Tahun 2024 bersama dengan Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

“Kuliah umum ini diharapkan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang transformasi Unud menjadi PTN-BH, manfaatnya, serta strategi menghadapi tantangan di masa depan.  Semoga transformasi Unud menjadi PTN-BH dapat menjadi tonggak penting dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia,”harap Prof Ngakan.

Baca Juga :  Gala Siswa Indonesia Badung Resmi Dibuka, Bangkitkan Semangat Olahraga Sepak Bola
Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng., saat memberikan kuliah umum. Sumber Foto : ads/bpn

Sementara itu Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng., mengungkapkan Perguruan Tinggi yang sudah memiliki tata kelola yang baik dan berkualitas akan didukung untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri – Badan Hukum. (ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News