Unud
Tingkatkan Perekonomian Desa Baluk melalui Pengabdian Masyarakat Program Studi Kimia Universitas Udayana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Dalam rangka perayaan Dies Natalis Universitas Udayana yang ke-61, Pengabdian Masyarakat Bina Desa Program Studi Kimia, yang dipimpin oleh Prof. Dr. Dra. Ni Made Suaniti, M.Si, telah sukses memasuki tahap penutupan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan berlangsung pada Kamis, 26 Oktober 2026 dan mendapat sambutan hangat dari warga setempat.

Acara penutupan ini dimulai dengan laporan dari ketua panitia dan sambutan yang diberikan oleh Kepala Desa Baluk serta Koordinator Program Studi Kimia FMIPA Universitas Udayana. Kegiatan ini juga disambut dengan antusiasme tinggi oleh warga Desa Baluk.

Baca Juga :  IGTKI Kota Denpasar Gandeng ACK Gelar Lomba Menggambar dan Mewarnai, Rancang Libatkan Ribuan Peserta

Salah satu highlight dari kegiatan ini adalah praktek pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan penambahan ekstrak minyak melati. Kegiatan ini merupakan pembelajaran terakhir bagi Ibu-Ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Sari Banjar Baluk II. Selain praktik, panitia juga memberikan informasi mengenai mekanisme pengajuan Standar Pangan Produk Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) kepada dinas terkait. Hal ini bertujuan agar para Ibu di KWT dapat mempersiapkan persyaratan yang diperlukan sehingga produk VCO aromaterapi yang dihasilkan memiliki legalitas untuk dipasarkan kepada masyarakat luas.

Dalam pidato penutupan acara, Ketua KWT menyampaikan pandangan positif terkait kegiatan ini. Beliau menyatakan bahwa kegiatan semacam ini seharusnya diadakan secara berkelanjutan di desa-desa lain. Selain itu.

Baca Juga :  Bunda Literasi Denpasar Buka Program SSEC dan Workshop Permainan Tradisional

“bahwa kegiatan ini dapat membantu meningkatkan wawasan dan keterampilan masyarakat dalam memproduksi VCO aromaterapi yang memiliki nilai ekonomis. Ini juga bisa menjadi langkah awal yang baik untuk berbisnis dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Baluk,”ungkapnya.

Dengan suksesnya kegiatan pengabdian masyarakat ini, Universitas Udayana terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar dan menjadikan Dies Natalis yang ke-61 sebagai momentum yang berarti dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Desa Baluk. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News