Kebakaran
Tim Damkar Berjibaku Tangani Kebakaran Sampah TPA Suwung, Kamis (12/10/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung pada Kamis (12/10/2023) mendapat perhatian serius dari Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara. Dimana, saat ini pihaknya menginstruksikan jajaran Pemadam Kebakaran (PMK) untuk terus melaksanakan penanganan secara optimal.

Didampingi Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dan Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Jaya Negara menjelaskan, kebakaran sampah di TPA Suwung diperkirakan terjadi pada siang tadi sekitar pukul 11.45 WITA. Dimana, kebakaran sampah ini diprediksi diakibatkan oleh situasi cuaca panas dan gas metan yang dihasilkan oleh sampah itu sendiri.

“Saat ini Tim PMK terus bergerak hingga nantinya penanganan kebakaran sampah di TPA suwung dapat segera teratasi. Petugas PMK terus melakukan atensi dalam mencegah api agar tidak meluas,” tegas Jaya Negara.

Dikatakannya, sampai saat ini PMK Kota Denpasar masih berjibaku memadamkan api di TPA Suwung. Bahkan, guna mengantisipasi perluasan lokasi kebakaran, Tim Damkar menyatakan kesiapan 24 jam melakukan penanganan kebakaran sampah di tempat itu.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Lomba Gelora Pekan Budaya Pelajar SD, Upaya Menjaring Bibit Penerus Pelestari Budaya Bali

“Total ada 8 mobil pemadam kebakaran dari Kota Denpasar, Kabupaten Badung, serta Kabupaten Gianyar dikerahkan dalam penangan kebakaran sampah di TPA Suwung,” lanjut Jaya Negara.

Wali Kota Jaya Negara juga memberikan atensi kepada warga sekitar yang terdampak untuk dapat dikakukan pendataan serta penanganan evakuasi ditempat yang lebih aman. Disamping itu, bersama dengan Dinas Sosial Kota Denpasar juga akan melakukan langkah-langkah terhadap warga yang terdampak asap. Selain itu, situasi lalu lintas kawasan Pedungan terdampak asap kebakaran sampah juga menjadi atensi bersama pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan.

Baca Juga :  Bentuk Pengendara Motor yang Baik, Astra Motor Bali Ajak Kartini Muda Menjadi Generasi #Cari_Aman

“Kami terus lakukan pemantauan bersama dengan warga sekitar di lokasi Kelurahan Pedungan yang paling terdampak dan kita persiapkan langkah evakuasi ditempat yang lebih aman,” ujarnya.

Berkaitan dengan hal ini, Jaya Negara juga memohon permakluman kepada masyarakat atas kejadian ini.

“Kami mohon permakluman kepada masyarakat dari kejadian kebakaran sampah di TPA Suwung. Dari pihak Provinsi Bali juga bersama-sama melakukan pemantauan dan antisipasi,” imbuh Jaya Negara.

Berdasarkan pantauan dilapangan tim PMK masih melaksanakan proses pemadaman api. Adapun Tim PMK yang melakukan atensi dari Kota Denpasar berjumlah 6 mobil BW PMK, Kabupaten Badung 2 mobil BW PMK, dan juga dari mobil BW PMK Kabuoaten Gianyar, 2 mobil tangki air dari UPT dan BTID. Di samping itu, bantuan helikopter juga akan didatangkan dari Basarnas esok hari, untuk mempercepat proses pemadaman. Beberapa warga sudah melakukan evakuasi secara mandiri, serta pihak Puskesmas Densel IV sudah siaga menangani warga yang terdampak.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News