Tamba
Bupati Jembrana, I Nengah Tamba. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Pengaruh cuaca ekstrem el nino berdampak terhadap kenaikan kebutuhan pokok utamanya beras. Kenaikan harga beras menjadi isu nasional dampaknya juga dirasakan  terjadi di Kabupaten Jembrana.

Menanggapi kenaikan harga beras, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba turun tangan memantau ketersediaan pasokan bahan pangan ke gudang BULOG (Badan Urusan Logistik) Penyaringan, Rabu (11/10/2023).

Usai melakukan pengecekan harga dan ketersediaan beras di Bulog, Bupati Tamba langsung menuju pasar relokasi Pasar Umum Negara yang berada di kawasan civic centre Pemkab Jembrana.

Pemantauan ke pasar itu juga untuk mengecek langsung harga harga sejumlah komoditi di pasar selain beras.

Baca Juga :  Pemkab Jembrana Gelar Apel Peringati Hari Otonomi Daerah Ke-28

Dari hasil pemantauannya diketahui harga beras dipasar saat ini seperti beras Medium I harganya sekarang Rp14.000/Kg, dan harga beras Super I Rp14.000/Kg. Sedangkan harga beras Medium SPHP mencapai Rp11.000/Kg dan harga beras premium Rp15.000/Kg.

Bupati Tamba mengungkapkan rasa prihatin atas kondisi yang terjadi saat ini.  Kondisi ini tidak terlepas dari adanya musim kemarau ekstrem atau El Nino yang telah memberikan dampak terhadap pergerakan harga beras dalam beberapa waktu terakhir.

“Kita akan terus berupaya mencari solusinya. Dengan berkomunikasi intens dengan intansi terkait yang menangani beras dari Bulog, termasuk akan bersurat ke provinsi secepatnya. Karena kita tidak ingin ada yang mempermainkan harga beras di masyarakat, ini yang akan kita usulkan secepatnya,” ucapnya.

Selain itu, Bupati juga akan melaksanakan operasi pasar rutin untuk menjaga kestabilan harga dan ketersediaan barang.

“Untuk terus memastikan kestabilan harga beras kami akan terus melaksanakan operasi pasar,” imbuhnya.

Sementara dalam waktu dekat ini, permasalahan tersebut akan diatasinya dengan menggelar pasar murah di setiap kecamatan.

“Kita akan lakukan secepatnya. Mungkin kita akan buat pasar murah disetiap kecamatan dalam waktu dekat ini, kita mengatasi dari pada kenaikan harga beras ini,” jelasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News