Hari Pangan Sedunia
Serangkaian Hari Pangan Sedunia Tahun 2023, Pemkot Denpasar Gelar Festival Pangan Sehat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Festival Pangan Sehat untuk Generasi Cerdas serangkaian Hari Pangan Sedunia Tahun 2023 digelar Pemkot Denpasar melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Rabu (25/10/2023) di Parkir Utara Lapangan Lumintang.

Festival ini dibuka Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa mewakili Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara ditandai dengan penandatangan diatas kanvas. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ida Bagus Mayun Suryawangsa, Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Ngurah Raini, Kepala Dinas Kominfo Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Adi Merta, dan Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar, A.A Gede Bayu Brahmasta, serta Direktur Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Bali, Catur Yudha Hariyani.

Baca Juga :  Kapenrem 163/Wira Satya Mendorong Peran Positif Media Massa dalam Pembangunan Demokrasi

Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara dalam sambutannya yang dibacakan Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa menyampaikan, bahwa pemenuhan pangan sehat dan bergizi sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sehingga festival ini adalah langkah awal untuk mengedukasi masyarakat, terutama anak-anak tentang pentingnya pangan sehat dalam mendukung perkembangan otak dan tubuh mereka.

“Kita ingin menciptakan generasi yang cerdas, sehat, dan berdaya saing, sehingga pangan yang sehat dan bergizi menjadi hal penting dalam mendukung perkembangan otak dan tubuh,” ujarnya.

Lebih lanjut diharapkan kegiatan Festival Pangan Sehat ini dapat menjadi ajang kolaborasi antara PPLH Bali, Pemerintah, serta PKK untuk menyuarakan pentingnya konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) sejak dini untuk membangun generasi Indonesia yang cerdas.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Ida Bagus Mayun Suryawangsa dalam laporannya mengatakan, Festival Pangan Sehat Untuk Generasi Cerdas dengan Tema “Water is Life, Water is Food, Leave no one Behind” dimana menegaskan, bahwa air sangat penting bagi kehidupan di Bumi, Air adalah kekuatan pendorong bagi Manusia, perekonomian dan Alam serta fondasi bagi tersedianya pangan untuk kita.

Baca Juga :  Bank BPD Bali Kolaborasi dengan Pemkot Denpasar dan IGTKI Gelar Lomba Anak-anak

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan pentingnya konsumsi pangan sehat dan aman sejak dini dan memperkenalkan olahan pangan sehat berbahan sayuran, ikan dan pangan lokal kepada anak sekolah dan masyarakat Kota Denpasar,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan dalam Festival Pangan Sehat Tahun 2023 menghadirkan beragam kegiatan yang melibatkan komunitas, PKK, hingga para pelajar. Serta kegiatan ini dimulai dengan Gerakan Minum SABU (Sayur dan Buah), Ecoprint Tas Belanja, Edukasi Lingkungan, Talkshow Pangan Sehat, serta Pameran Hasil Kebun Rumah Tangga di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Serahkan Antribut Kepada "Gen Dental" di Ajang DEF, Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Transaksi Digital di Berbagai Sekolah

Sementara Direktur PPLH Bali, Catur Yudha Hariyani menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kolaborasi bersama Pemerintah Kota Denpasar.

“Kami berharap melalui dukungan dari pemerintah, kami bisa mendampingi sekolah-sekolah dalam memberikan pelatihan kepada siswa tentang pangan sehat dan aman yang diharapkan dapat menjadi sekolah sehat,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News