pancasila
Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana saat menjadi Inspektur Apel Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kota Denpasar yang digelar di Lapangan Lumintang, Denpasar, Minggu (1/10/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana mewakili Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memimpin apel Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kota Denpasar yang digelar di Lapangan Lumintang, Denpasar, Minggu (1/10/2023). Pada tahun 2023 ini, Hari Kesaktian Pancasila mengusung tema ‘Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju’.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, I Wayan Mariyana Wandhira, Forkopimda Kota Denpasar, Kepala BNN Kota Denpasar, Kombes Pol. I Ketut Adnyana Putera, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Widnyani Wiradana, LVRI Kota Denpasar serta Pimpinan OPD dan peserta rapat yang berasal dari beragam unsur masyarakat.

Rangkaian apel diawali dengan mengkumandangkan lagu-lagu perjuangan. Dilanjutkan dengan Mengheningkan Cipta, Pembacaan Teks Pancasila serta Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Selain itu, turut dibacakan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila.

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” demikian kutipan akhir Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang dibacakan Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, I Wayan Mariyana Wandhira dihadapan seluruh peserta apel.

Baca Juga :  Tingkatkan Prestasi, Pengurus Taekwondo Indonesia Provinsi Bali untuk Masa Bakti 2024-2028 Resmi Dilantik

Usai pelaksanaan Apel, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana mengatakan, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan sebuah penghormatan terhadap seluruh pahlawan yang gugur dalam bertugas melindungi Pancasila. Sehingga mampu membentengi peranan Pancasila sebagai dasar negara serta sebagai ideologi bangsa.

Lebih lanjut dijelaskan, peringatan hari lahir Pancasila, mengingatkan semua insan bangsa akan pentingnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dimana, era globalisasi ini, tantangan yang dihadapi akan semakin kompleks. Namun, dengan teguh berpegang pada Pancasila, niscaya akan mampu menghadapi setiap tantangan tersebut.

Baca Juga :  Dibuka Antari Jaya Negara, Libatkan Dua Narasumber TP PKK dan WHDI Denpasar Gelar Pelatihan Tata Rias dan Sanggul Bali

Dikatakannya, generasi muda merupakan harapan masa depan bangsa ini. Karenannya, jadilah pemuda yang cinta tanah air, berdedikasi untuk kemajuan bangsa, dan siap berperan aktif dalam pembangunan Indonesia yang lebih baik.

“Mari kita tingkatkan kesadaran akan arti penting Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari,” ajak Alit Wiradana.

Pihaknya mengajak semua pihak untuk menjadikan Pancasila sebagai panduan dalam menciptakan persatuan bangsa. Hal ini sesuai dengan sepirit Pemerintah Kota Denpasar yakni Vasudhaiva Khutumbakam yang bermakna kita semua bersaudara. Sehingga secara berkelanjutan dapat mewujudkan Denpasar Maju yang sejalan dengan Pancasila sebagai pemersatu bangsa Menuju Indonesia Maju.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Kegembiraan Berlimpah Saat Idul Fitri Melalui Unparalleled Network Services Guaranteed

“Kita di Kota Denpasar harus menjadi contoh yang baik dalam menjunjung tinggi persatuan, toleransi, dan keadilan,” ujarnya.

Alit Wiradana berharap agar semangat Pancasila senantiasa menggelora dalam hati seluruh rakyat Indonesia. Sehingga selain menjadi ideologi, juga dapat menjadi kekuatan dan inspirasi dalam mengisi pembangunan bangsa.

“Mari kita peringati hari lahir Pancasila ini dengan mengamalkan nilai-nilainya dalam kehidupan kita sehari-hari, dan menjadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita semua dalam mengisi pembangunan berkelanjutan menuju Indonesia Maju,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News