Unud
Program Studi Spesialis Radiologi FK Unud di Asesmen Dua Asesor LAM-PTKes. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi Program Studi Spesialis Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud). Pembukaan asesmen berlangsung di Ruang Pertemuan dr. AA Made Djelantik FK Unud Kampus Sudirman Denpasar, Senin (16/10/2023).

Adapun Asesor yang hadir yakni Dr. dr. Hermina Sukmaningtyas, M.Kes., Sp.Rad (K)., dan dr. Lies Mardiyana, Sp.Rad (K).

Dekan FK Unud, Prof. Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes., dalam sambutannya mengatakan Program Studi Radiologi ini merupakan salah satu dari 20 program studi spesialis yang dimiliki dan jika dilihat dari sisi usia masih relatif cukup muda.

Selama tujuh tahun sejak berdirinya program studi tentu sudah cukup banyak upaya-upaya yang dilakukan oleh pengelola program studi beserta seluruh tenaga pengajar untuk bagaimana bisa membuat program studi ini makin hari bisa berkembang menjadi lebih baik. Selama tiga hari ke depan akan berlangsung asesmen lapangan sebagai bagian dari proses akreditasi program studi.

Baca Juga :  Pertamina Jamin Pasokan Avtur Aman di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Siap Hadapi Liburan Sekolah

Akreditasi sendiri selain sebagai amanah dari Undang-Undang, juga merupakan suatu upaya bagaimana kita bisa memastikan bahwa seluruh proses yang berlangsung di dalam program studi itu telah berjalan sesuai dengan standar atau aturan yang telah ditetapkan.

“Ini sangat penting untuk menjamin bahwa lulusan kita memang memiliki kompetensi yang kita harapkan sesuai dengan profil lulusan yang sudah ditetapkan,” ujar Dekan FK.

Kedatangan Tim Asesor akan memastikan bahwa potret yang telah dikirim melalui dokumen-dokumen yang telah dikirimkan ke LAM-PTKes ini benar-benar sesuai dengan potret kita. Tim Asesor diharapkan bisa memberikan masukan-masukan terkait hal-hal yang masih bisa ditingkatkan dan hal-hal yang harus diperbaiki sehingga dapat menjadi bekal untuk melakukan upaya-upaya perbaikan. Dekan berharap program studi dapat meraih hasil yang maksimal.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP., IPU., mewakili Rektor dalam sambutannya mengharapkan Tim Asesor dapat memberikan masukan dan arahan, dimana banyak hal yang dapat dikembangkan di Program Studi Spesialis Radiologi FK Unud ini.

“Tentunya kedepan masukan dan harapan sebagai tindaklanjut dari proses asesmen oleh asesor ini untuk perbaikan dari Program Studi sangat diharapkan,” ujar Prof. Rai.

Melalui kesempatan tersebut Wakil Rektor juga memperkenalkan sekilas mengenai profil Universitas Udayana yang telah berumur 61 tahun dan status akreditasi sudah unggul serta pengelolaan kelembagaan BLU yang sedang bertransformasi menuju PTN BH. Wakil Rektor berharap Prodi Spesialis Radiologi dapat menambah persentase program studi Unggul di Unud.

Baca Juga :  Ciptakan Tertib Administrasi, Kelurahan Dauh Puri Gelar Pendataan Penduduk Non Permanen

Perwakilan Asesor, Dr. dr. Hermina Sukmaningtyas, M.Kes., Sp.Rad (K)., dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapan proses asesmen dalam rangka akreditasi dapat berjalan dengan baik. Kita semua berkomitmen untuk menjamin lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi khususnya dari Program Studi Radiologi, maka penjaminan mutu ini menjadi sesuatu yang rutin dan sudah dilaksanakan mulai dari proses perencanaan, evaluasi atau PPEPP di universitas sampai di program studi.

Dengan turunnya Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023, ada transformasi standar nasional dan akreditasi perguruan tinggi. Dengan harapan perguruan tinggi lebih leluasa untuk melakukan penyesuaian dan ini memerlukan kerja keras bersama. Tim Asesor berharap fakultas dapat memberikan dukungan penyediaan dokumen yang dibutuhkan nanti dalam proses asesmen lapangan ini. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News