Aku Hatinya PKK
Pj Ketua TP PKK Buleleng Keliling Sosialisasikan "Aku Hatinya PKK". Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Penjabat (Pj) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Ny. Paramita Lihadnyana, mengunjungi sejumlah desa untuk menyosialisasikan “Aku Hatinya PKK”. Pada Rabu (11/10/2023) dirinya berkesempatan mengunjungi TP PKK di Desa Cempaga, Kecamatan Banjar dan Desa Patas, Kecamatan Gerokgak.

Dalam sambutannya Ia menjelaskan, bahwa pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini diharapkan akan menambah wawasan masyarakat tentang manfaat dari pemanfaatan pekarangan rumah. Pekarangan rumah bisa dimaksimalkan fungsinya untuk menanam tumbuhan yang kemudian bisa dijadikan sumber pangan lokal. Hasilnya, kemudian bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pangan lokal dan gizi keluarga.

Baca Juga :  Sesuai Janji Pj Bupati Buleleng, THR ASN Buleleng Sudah Cair 100%

“Bahkan bisa juga bernilai ekonomis dan meningkatkan pendapatan keluarga,” paparnya.

Dengan memanfaatkan pekarangan sekitar rumah secara maksimal, diharapkan terwujud percepatan penganekaragaman konsumsi pangan lokal. Sehingga tercipta keluarga sehat serta generasi berkualitas dan tangguh. Terlebih lagi, program ini masih sejalan dengan instruksi presiden untuk menangani stunting. Yang salah satu jalannya adalah memberikan gizi yang baik bagi keluarga utamanya ibu hamil dan anak.

Pada kegiatan ini, Ny. Paramita Lihadnyana juga berkesempatan menyerahkan bantuan tanaman pangan kepada 5 rumah contoh di masing-masing desa. Sekaligus juga melakukan penanaman simbolis tumbuhan pangan tersebut di pekarangan rumah contoh. Kemudian, rumah contoh ini diharapkan memberi contoh atau imbas kepada sekitarnya.

“Agar lebih dan semakin banyak yang memanfaatkan pekarangan rumah tangganya,” harapnya.

Baca Juga :  Dua Belas Desa Wisata di Buleleng Bersiap Ikuti ADWI 2024

Program “AKU HATINYA PKK” merupakan program unggulan dari PKK yang diharapkan berjalan baik oleh Ketua PKK Provinsi Bali. Dimana, berfokus kepada pemanfaatan lahan pekarangan di masing-masing rumah tangga. Menjadikan halaman pekarangan menjadi hijau royo-royo. Dengan menanami halaman pekarangan dengan sayuran maupun buah-buahan. Sejatinya, selama ini “AKU HATINYA PKK” sudah berjalan, namun masih perlu dimaksimalkan. Dirinya juga menyampaikan harapan agar pemerintah desa bisa mendukung program ini dengan penggunaan dana desa.

“Dimana 20% dana desa dimanfaatkan untuk ketahanan pangan. Dan bisa berkontribusi kepada penurunan angka stunting, dengan harapan pemenuhan gizi keluarga tercukupi di samping menekan inflasi, yang pada saat ini merupakan isu strategis nasional,” imbuhnya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News