Wali Kota Jaya Negara
Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara saat hadir menyerahkan hadiah lomba literasi kepada pemenang lomba desain twibbon dan menulis review serta pemberian penghargaan kepada media/penerbit, penggiat literasi, Rabu (18/10/2023) di Ruang Mahottama Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menyerahkan hadiah lomba literasi kepada pemenang lomba desain twibbon dan menulis review serta pemberian penghargaan kepada media/penerbit, penggiat literasi, Rabu (18/10/2023) di Ruang Mahottama Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Penyerahan hadiah pemenang ini diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar dalam meningkatkan pembudayaan gemar membaca dan literasi masyarakat melalui pemanfaatan perpustakaan serta rangkaian dari peringatan Hari Kunjung Perpustakaan yang diperingati setiap tanggal 14 September 2023 lalu.

Tampak hadir juga dalam kesempatan ini, Ketua TP PKK Kota Denpasar yang juga sebagai Bunda Literasi Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Widnyani Wiradana, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Denpasar, Dewa Nyoman Sudarsana beserta unsur terkait lainnya.

Wali Kota Jaya Negara disela-sela menyerahkan hadiah perlombaan literasi menyampaikan, bahwa budaya literasi dapat terus dibangkitkan sebagai upaya untuk mencapai masyarakat Denpasar yang maju (makmur, aman, jujur dan unggul), maka sumber daya manusianya harus cerdas. Disamping itu, literasi juga sangat penting untuk membangkitkan kesadaran berpartisipsi sehingga program pembangunan dapat dijalankan dengan baik

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Kejuaraan Bola Basket Wali Kota Cup

“Kita semua menyadari bahwa keberhasilan Pembudayaan gemar membaca dan literasi masyarakat tidak hanya ditentukan oleh pemerintah, namun dibutuhkan sinergi dan Kolaboratif dari berbagai kalangan,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut dikatakan, salah satu upaya pembudayaan gemar membaca dan literasi yaitu melalui pemanfaatan perpustakaan yang ada, baik perpustakaan milik daerah, sekolah, milik masyarakat termasuk pula upaya yang dilakukan oleh para pegiat literasi dan komunitas di masyarakat.

Upaya untuk membudayakan gemar membaca dan literasi akan terus kita lakukan secara berkesinambungan, contohnya melalui kegiatan lomba design twibbon dan menulis review buku yang sudah dilaksanakan dengan baik. Dengan kegiatan semacam ini diharapkan minat dan motivasi kegemaran membaca dai literasi masyarakat akan semakin meningkat.

“Pada kesempatan yang baik ini, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada penerbit dalam hal ini kelompok media Bali Post yang telah berpartisipasi memberikan bahan bacaan secara gratis berupa koran setiap hari ke perpustakaan daerah Kota Denpasar. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang memberikan sumbangan atau mendonasikan buku, serta kepada para penggiat literasi yang sudah turut andil dalam pembudayaan kegemaran membaca dan literasi di Denpasar,” ungkap Jaya Negara.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Denpasar, Dewa Nyoman Sudarsana dalam laporannya mengatakan, adapun tema lomba peringatan hari kunjung perpustakaan tahun 2023 yaitu “Ayo ke Perpustakaan”, dimana lomba dilaksanakan secara online dengan sasaran peserta adalah masyarakat umum, berusia minimal 15 tahun dan ber-ktp bali.

Pelaksanaan lomba dimulai dari tahap Pendaftaran peserta lomba pada akhir bulan Agustus hingga tahap penilaian dan pengumuman pemenang lomba pada minggu pertama bulan Oktober 2023 dengan jumlah peserta lomba yang terdaftar sebanyak 18 orang peserta design twibbon, dan 30 orang peserta menulis review.

Baca Juga :  Lepas Tukik dan Melempar Alat Pancing Pertama, Wali Kota Jaya Negara Buka "Biaung Beach Fishing Tournament"

“Penentuan Juara 1, 2 dan 3 karya design twibbon dan menulis review oleh para juri sedangkan penentuan Juara favorit design twibbon ditentukan berdasarkan perolehan likes terbanyak di medsos dinas perpustakaan arsip denpasar, dan juara favorit menulis review berdasarkan viewer terbanyak pada Pustaka Jaya Denpasar Kota.go.id,” ujarnya.

Adapun Juri lomba design twibbon sebanyak 3 orang yaitu 2 orang akademisi (dosen Institut Design Bali dan dosen design STMIK Primakara) dan 1 orang praktisi gambar sekaligus pegiat literasi. Dan juri lomba menulis review juga sebanyak 3 orang, terdiri dari dosen Sastra Bahasa Indonesia Universitas Udayana, editor media online IDN Times, dan penulis buku fiksi Kota Denpasar.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News