Jimbafest
Seremonial pembukaan Jimbafest 2023. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Jimbafest, merupakan gerakan tahunan dari Yayasan Jimbaran Hijau yang konsisten dilakukan selama 10 tahun mengangkat permasalahan lingkungan beserta pendidikan dengan pilar utama Green, Art, Culture & Education (GRACE), Sabtu (28/10/2023).

CEO Jimbaran Hijau, Putu Agung Prianta mengatakan, acara ini adalah sebuah perayaan dan wadah untuk mempersatukan dan melibatkan seluruh elemen masyarakat yang peduli dengan budaya, musik, berkomunitas, serta komitmen terhadap suaka lestari, teknologi, dan inovasi.

Jimbafest juga mengumumkan kemitraannya dengan Waroeng Tempo Doeloe, inisiatif lokal yang mendukung UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Dalam Jimbafest 2023, pengunjung akan memiliki kesempatan untuk menikmati beragam kuliner UMKM lokal yang kaya rasa.

Kolaborasi ini tidak hanya mempromosikan kewirausahaan lokal, tetapi juga memberikan para pengunjung pengalaman festival serta menikmati hidangan autentik Indonesia ‘Bali Aga Culture’.

Baca Juga :  Peringatan HUT Ke-7 Jagabaya Dulang Mangap

Selain itu, program Recycle Heaven juga diselenggarakan, sebagai bagian dari komitmen terhadap suaka lestari dan kepedulian terhadap lingkungan, Jimbafest akan mempersembahkan inisiatif pengolahan limbah menjadi karya seni maupun pengolahan limbah berbasis teknologi.

“Kami akan memperlihatkan bagaimana limbah dapat diubah agar memiliki nilai tambah dan lebih berguna. Inisiatif ini bertujuan untuk mengilhami pemikiran kreatif dan mendukung lingkungan yang lebih bersih,” jelas Putu Agung Prianta.

JimbaFest 2023 juga menjadi saksi peluncuran Program 2nd Life dan FabLab Bali. Program 2nd Life adalah komitmen untuk mendaur ulang, mengurangi limbah, dan meningkatkan kesadaran lingkungan.

FabLab Bali merupakan ruang inovasi yang memfasilitasi penggiat untuk belajar, mendesain, dan membuat karya produk-produk baru dengan mengaplikasikan dan menggunakan teknologi terkini.

“Kami berharap bahwa inisiatif ini akan memberikan kontribusi positif bagi keberlanjutan dan inovasi bagi para penggiat di Bali,” ungkap CEO Jimbaran Hijau, Putu Agung Prianta. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News