Lomba
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat membuka secara resmi Lomba Bapang Barong Buntut dan Mekendang Tunggal Komunitas Sebun Barong Tatasan Denpasar Tahun 2023 di Wantilan Pura Dalem Bungkeneng, Desa Adat Tonja, Minggu (15/10/2023). Sumber Foto : Istimewa 

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Lomba Bapang Barong Buntut dan Mekendang Tunggal yang digelar Komunitas Sebun Barong Tatasan Denpasar dengan nyolahang punggelan Barong di Wantilan Pura Dalem Bungkeneng, Desa Adat Tonja, Minggu (15/10/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya untuk menjaring bibit dan pengembangan bakat serta minat anak-anak dalam bidang seni budaya, khususnya Tari Bapang Barong Buntut dan Mekendang Tunggal.

Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Bali, AA Ngurah Adhi Ardhana, Anggota DPRD Kota Denpasar, I Nyoman Sunardika, Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, I Wayan Narta, Sekretaris Kecamatan Denpasar Utara, I Wayan Ariyanta, Dewan Juri serta undangan lainnya.

Ketua Panitia Kegiatan, I Nyoman Satra menjelaskan, Lomba Bapang Barong Buntut dan Mekendang Tunggal ini dilaksanakan untuk pertama kalinya dan dirangkaikan dengan HUT pertama Komunitas Sebun Barong Tatasan. Pelaksanaan kegiatan ini sendiri diharapkan mampu menjadi wahana dalam mengembangkan bakat dan minat generasi muda terhadap Tari Barong dan Mekendang Tunggal. Sehingga secara berkelanjutan dapat mendukung pelestarian dan pengembangan seni budaya, khususnya Tari Barong Buntut dan Mekendang Tunggal di kalangan anak-anak.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Semarakkan May Day dengan Beragam Kegiatan dan Sinergi Harmonis

“Tatasan merupakan daerah yang terkenal dengan Kesenian Barong, inilah yang menjadi semangat bagi kami generasi muda untuk mengambil peran dalam melestarikan warisan budaya leluhur,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Lomba ini diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari seluruh Bali, dan keseluruhanya merupakan anak muda. Dalam perlombaan ini, nantiny para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam dan uang tunai.

“Semoga kegiatan ini dapat terlaksana secara berkelanjutan guna mendukung kelestarian seni budaya dan tradisi, khususnya Tari Barong Ket,” jelasnya sembari mengucapkan terimakasih atss bantuan dan dukungan semua pihak sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memberikan apresiasi pelaksanaan Lomba Bapang Barong Buntut dan Mekendang Tunggal yang digelar Komunitas Sebun Barong Tatasan. Hal ini sejalan dengan Visi Kota Denpasar, yakni kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar Maju.

Jaya Negara lebih lanjut mengatakan, seperti diketahui bersama, Tatasan merupakan salah satu daerah yang terkenal akan kesenian Barong. Bahkan pada gelaran PKB XLIV Tahun 2022 lalu, Duta Kota Denpasar pada Lomba Bapang Barong yang diwakili oleh Sekehe Barong Tatasan sukses menjadi Juara I.

Baca Juga :  Tinjau Plan Sicerdas PAUD Denbar, Antari Jaya Negara Harapkan Sinergi Semua Pihak Sukseskan Transisi PAUD-SD Yang Menyenangkan

“Tentu harapan kami sebagai pemerintah, kegiatan positif ini dapat dilaksanakan berkelanjutan, seiring dengan beragam kegiatan yang dilaksanakan Pemkot Denpasar, sehingga secara berkelanjutan dapat mendukung pelestarian dan pengembangan seni budaya, adat dan tradisi Bali,” ujar Jaya Negara sembari mengucapkan selamat HUT Pertama Komunitas Sebun Barong Tatasan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News