MotoGP
Indonesian GP 2023: Sesi Latihan Menunjukkan Potensi Pembalap Terbaik dan Siap Berlaga di Sirkuit Mandalika. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, NTB  – Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 telah dimulai Jumat (13/10/2023) di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada hari pertama, para riders memulai sesi latihan sebelum beradu cepat pada sesi kualifikasi dan race yang akan berlangsung dalam 2 hari ke depan.

Dalam sesi latihan bebas (free practice/FP) 1, di kelas MotoGP, pembalap Spanyol dari tim Prima Pramac Racing, Jorge Martin, berhasil mencatatkan waktu tercepat dengan melibas lintasan Sirkuit Mandalika dalam 1 menit 31,811 detik. Menyusul duo Aprilia Racing di posisi 2 dan 3 dengan catat waktu 1 menit 31,913 detik oleh Maverick Vinales dan Aleix Espargaro, membuntuti dengan catatan waktu 1 menit 32,347 detik.

Juara dunia MotoGP 2022 dari Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, mencatatkan waktu tercepat keenam dengan 1 menit 32,570 detik. Pembalap asal Italia tersebut berada di belakang dua riders senegaranya dari Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli, dan Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing yang masing-masing mencatatkan waktu tercepat keempat dan kelima.

Adapun pemegang 8 kali juara dunia dari Repsol Honda Team, Marc Marquez, berada di posisi 14 dengan catatan waktu 1 menit 32,893 detik. Sementara itu, juara MotoGP Mandalika 2022 Miguel Oliveira hanya berada di posisi 19. Pembalap Portugal dari tim CryptoData RNF Racing tersebut mencatatkan waktu 1 menit 33,447 detik.

Pada sesi Latihan (Practice), Aleix Espargaro berhasil naik ke posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 30,474 detik, diikuti Maverick Vinales yang juga naik ke 1 menit 30,628 detik. Marco Bezzecchi membuntuti di posisi ketiga dengan waktu 1 menit 30,644 detik. Sementara Francesco Bagnaia menyelesaikan sesi di posisi 16.

Marc Marquez yang pada sesi FP1 hanya berada di posisi 14, kini menyodok ke urutan enam dengan waktu 1 menit 31,106 detik di bawah rider Afrika Selatan dari Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, dan Jorge dengan dengan catatan waktu masing-masing 1 menit 30,762 detik dan 1 menit 30,874 detik. Sementara itu, Miguel Oliveira berhasil mengamankan posisi ketujuh dengan waktu 1 menit 31,199 detik disusul pembalap Italia dari tim Gresini Racing, Fabio Di Giannantonio dengan catatan waktu 1 menit 31,207 detik.

Baca Juga :  Tingkatkan Optimalisasi Peran Organisasi Bagi Masyarakat, DWP Kota Denpasar Kaji Tiru ke DWP Kota Yogyakarta

Di posisi sembilan ada pembalap asal Australia dari tim Red Bull KTM Factory Racing, Jack Miller, dengan waktu 1 menit 31,216 detik. Melengkapi susunan pembalap pada posisi 10 besar, ada juara MotoGP 2021 dan runner up MotoGP 2022 dari tim Monster Energy yamaha, Fabio Quartararo. Rider asal Prancis tersebut mencatatkan waktu 1 menit 31,229 detik.

Adapun kesepuluh pembalap dengan catatan waktu terbaik pada sesi latihan tersebut akan langsung lolos ke sesi kualifikasi 2 (Q2) pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

Di kelas Moto2, pembalap Spanyol dari tim Correos Prepago Yamaha VR46 berhasil menjadi yang tercepat dalam sesi latihan 1 dengan waktu 1 menit 34,871 detik. Posisi kedua juga ditempati rider asal Spanyol dari tim Pons Wegow Los40, Aron Canet, dengan waktu 1 menit 35,231 detik. Adapun pembalap Inggris dari tim Inde GASGAS Aspar Team menjadi yang tercepat ketiga dengan catatan waktu 1 menit 35,260 detik.

Sementara itu, pada sesi latihan 2, pembalap Spanyol dari tim Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta, tampil dominan untuk menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 34,456 detik. Aron Canet kembali berada di posisi kedua dengan waktu 1 menit 34,636 detik. Adapun rider Inggris dari tim Elf Marc VDS Racing mengamankan posisi ketiga dengan waktu 1 menit 34,678 detik.

Pada kelas Moto3, pembalap Brasil dati tim MT Helmets – MSI, Diogo Moreira berhasil menjadi yang tercepat pada sesi latihan pertama dengan waktu 1 menit 40,590 detik. Posisi kedua ditempati rider Spanyol dari Red Bull KTM Tech3, Daniel Holgado dengan waktu 1 menit 41,011 detik. Adapun pembalap Spanyol dari Red Bull KTM Ajo, Jose Antonio Rueda mampu menempati posisi ketiga dengan 1 menit 41,220 detik.

Pada sesi latihan kedua, rider Turki dari Red Bull KTM Ajo, Deniz Oncu, mampu memimpin dengan catatan waktu 1 menit 39,855 detik. Posisi kedua ditempati pembalap Brasil dari tim MT Helmets – MSI dengan waktu 1 menit 39,987 detik. Posisi ketiga diisi oleh rider Spanyol dari tim Leopard Racing dengan waktu 1 menit 40,087 detik.

Sementara itu, Arbi Aditama berhasil memperbaiki posisinya dengan bertengger di urutan ke-21. Adapun rekan setimnya Mario Suryo Aji tetap berada di posisi ke-22.

Baca Juga :  Sambut Lebaran 2024, Honda Siapkan Layanan Posko dan Dealer Siaga di Berbagai Daerah

Selain menggelar sesi latihan untuk tiga kelas paling bergengsi, Indonesian GP 2023 juga menghadirkan Idemitsu Asia Talent Cup. Pada hari pertama, ajang yang menjadi batu loncatan para pembalap muda menuju MotoGP tersebut telah menyelesaikan dua sesi latihan bebas.

Untuk jadwal hari kedua, Sabtu 14 Oktober 2023, akan diadakan sesi latihan 3 serta kualifikasi 1 dan 2 (Q1 & Q2) untuk kelas Moto2 dan Moto3. Sementara untuk kelas MotoGP, akan digelar sesi latihan bebas 2, Q1, Q2, serta sprint race. Tak ketinggalan juga sesi kualifikasi serta race 1 Idemitsu Asia Talent Cup.

Usai sesi kualifikasi dan sprint race pada hari kedua tersebut, akan diadakan Fan Zone sebagai extra circuit activities mulai pukul 16:30 WITA. Sebanyak 17 riders akan menyapa langsung penggemar yang hadir di Sirkuit Mandalika.

Fan Zone tersebut akan diikuti oleh Marc Marquez & Joan Mir dari Repsol Honda Team, Francesco Bagnaia  dan Enea Bastianini dari Ducati Lenovo Team, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli dari Monster Energy Yamaha MotoGP, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales dari Aprilia Racing, Luca Marini dan Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing Team, Jack Miller dan Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing, Pedro Acosta dan Albert Arenas dari Red Bull KTM Ajo di kelas Moto2, Daniel Holgado dari Red Bull KTM Tech3, Deniz Oncu dari Red Bull KTM Ajo di kelas Moto3, dan Tony Arbolino dari ELF Marc VDS.

Kualitas Sirkuit Mandalika Tuai Pujian Pembalap dan FIM

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA), Priandhi Satria mengatakan seluruh rangkaian balapan pada hari pertama Indonesian GP 2023 berjalan dengan lancar seiring dengan seluruh persiapan yang rampung 100%. Menurutnya, kualitas sirkuit yang sangat baik di Mandalika dipastikan membuat balapan dari sesi latihan hingga race utama makin menarik.

Hal itu dibuktikan dengan diraihnya predikat homologasi tertinggi grade A setelah menjalani proses inspeksi ketat oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna pada Kamis (12/10). Menurut Priandhi, pujian juga diberikan FIM terkait kualitas marshal lokal yang mumpuni meskipun usia sirkuit baru sekitar 1 tahun. Total akan ada 400 marshal bertugas di MotoGP Mandalika.

Baca Juga :  Beredar Hoaks Uang Pecahan Rp 1.0 Baru, Bank Indonesia dan Peruri Bantah

Free practice hari ini adalah awal dari perjalanan kami untuk penyelenggaraan IndonesianGP di tahun kedua di Sirkuit Mandalika. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap detail disiapkan dengan cermat dan pembalap dapat merasakan kualitas lintasan yang istimewa di sini. Ini adalah momen penting bagi MGPA selalu pengelola sirkuit, dan kami percaya bahwa seri IndonesianGP akan menjadi salah satu perlombaan paling dinanti dalam kalender MotoGP,” ujar Priandhi.

Priandhi mengatakan penyelenggara terus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti kepolisian dan dinas perhubungan demi kelancaran arus lalu lintas menuju Sirkuit Mandalika. Pengaturan lalu lintas akan terus diawasi agar tidak terjadi kemacetan, mengingat tingginya antusiasme penonton dalam ajang Indonesian GP 2023.

Selain memanjakan penonton dengan ajang balapan para riders terbaik di dunia, Indonesian GP 2023 juga mengadakan menghadirkan berbagai side event yang dapat diikuti Sabtu-Minggu, 14-15 Oktober 2023.

Ada 4 empat zona side event yang dapat dinikmati, yakni Merdeka Zone di mana panggung hiburan Harmoni Mandalika by Pertamina akan menyajikan pertunjukan yang diisi oleh sejumlah musisi nasional Tanah air antara lain NTRL, Dipha Barus, Amtenar, Hydro Koplo, dan Melanie & PPK. Ada juga Pusa Zone yang diisi oleh UMKM Lombok tengah dan NTB beserta para tenant lainnya.

Zone berikutnya adalah Bhinneka Zone yang diisi oleh Biker’s Lot, ajang test ride, hingga area makan dan minum (food & beverages) bernama Fuel Up. Zona terakhir adalah Tropika Zone yang diisi oleh official merchandise store hingga para UMKM.

“Dengan dimulainya Indonesian GP 2023, kami pastikan persiapan untuk side event juga sudah 100%. Jadi para penonton dengan kategori tiket apapun silahkan datang ke side event dan menikmati berbagai hiburan dan sajian yang tersedia,” ujar Presiden Direktur Dyandra&Co., Daswar Marpaung.

Informasi lebih lanjut mengenai Indonesian GP 2023 – Pertamina Grand Prix of Indonesia kunjungi situs www.themandalikagp.com serta akun Instagram @themandalikagp.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News