SnackVideo
Gandeng SMA 1 PSKD Jakarta, SnackVideo Adakan Seminar dan Workshop tentang Digitalisasi Pendidikan dan Kaitannya dengan Pemanfaatan Video Pendek. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Sebagai platform media sosial video pendek, SnackVideo terus mendorong terciptanya kolaborasi dengan individu, komunitas, perusahaan, dan institusi, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan video pendek secara kreatif untuk mendukung perkembangan dan kemajuan diberbagai bidang. Kali ini, SnackVideo mengadakan kolaborasi dengan institusi pendidikan SMA 1 PSKD Jakarta dalam bentuk seminar dan workshop tentang digitalisasi pendidikan dan perkembangan video pendek di Indonesia. Seminar dan workshop tersebut berlangsung pada Kamis (5/10/2023) yang diikuti oleh para siswa, guru, maupun pihak manajemen sekolah di kantor SnackVideo Indonesia di The Plaza Office Tower, Jakarta Pusat.

SMA 1 PSKD Jakarta merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan digitalisasi pendidikan dalam proses belajar mengajar. Sekolah ini telah menjalankan beberapa program digital diantaranya adalah program Online Media dan Broadcasting (OMB) yang diterapkan sejak tahun 2018. Adapun tujuan dari program ini untuk membantu para siswa mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka di bidang konten dan media online.  Pada penerapan program tersebut, SMA 1 PSKD membiasakan para siswa nya untuk membuat laporan tugas dalam bentuk video pendek dan live streaming dengan memanfaatkan platform SnackVideo. Selain program Online Media dan Broadcasting, SMA 1 PSKD Jakarta juga dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan yang telah mengadopsi esport ke dalam program sekolah sejak tahun 2016, dimana program pembinaan esport di sekolah ini menjadi yang paling pertama di Indonesia.

Baca Juga :  Mudik Keluarga Lancar, Simak Inspirasi Penggunaan Fitur Suzuki All New Ertiga Hybrid Cruise

“Kolaborasi dengan institusi pendidikan seperti SMA 1 PSKD Jakarta diharapkan akan memperkaya konten video pendek yang informatif dan edukatif di SnackVideo. Misalnya video pendek berisi materi pelajaran yang dibuat secara kreatif, tidak hanya membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan bagi para siswa, tetapi juga menarik bagi masyarakat umum karena dapat menambah pengetahuan. Sedangkan inisiatif menarik yang mengajak para siswa untuk meng-upload laporan tugas dalam bentuk video pendek di SnackVideo dapat menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya tentang digitalisasi pendidikan,” jelas Dina Bhirawa selaku Head of Marketing SnackVideo Indonesia.

Dalam seminar dan workshop ini, Dina Bhirawa selaku Head of Marketing SnackVideo Indonesia sebagai perwakilan dari SnackVideo menambahkan bahwa transformasi digital di dunia pendidikan sudah tak terhindarkan. Pihak sekolah harus jeli melihat dan memilih bentuk digitalisasi pendidikan yang paling sesuai untuk para siswa di sekolahnya. Menggunakan video pendek untuk penyampaian materi pelajaran, seperti yang telah dilakukan oleh SMA 1 PSKD Jakarta, merupakan langkah yang tepat, apalagi saat ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang menonton video pendek lewat berbagai platform.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Ipsos dan SnackVideo, yang hasil laporannya bisa dilihat dalam “Indonesia Short Video White Paper 2023”, video pendek telah menjadi platform baru bagi masyarakat untuk mencari informasi dan mengonsumsi konten dengan tingkat penetrasi sebesar 70 persen. Tak hanya jumlah penontonnya yang bertambah, durasi menonton video pendek juga ikut bertambah, rata-rata mencapai 2,1 jam per hari. Sebanyak 56 persen responden menonton video pendek untuk mengisi waktu luang, 54 persen untuk hiburan dan relaksasi, sedangkan 41 persen untuk menambah pengetahuan dan keterampilan. Ini menandakan bahwa konten yang bersifat informatif dan edukatif sangat diminati oleh masyarakat.

SnackVideo mengapresiasi langkah yang telah diambil oleh SMA 1 PSKD Jakarta yang membantu mengembangkan minat dan bakat siswanya dengan mengintegrasikan program pembinaan esport dan program Online Media Broadcasting dalam pendidikan. Apalagi SMA 1 PSKD Jakarta juga memberikan beasiswa jalur prestasi bagi siswa yang berbakat di bidang esport untuk meringankan biaya pendidikan.

Baca Juga :  Memimpin Langkah Menuju Kemajuan Bersama, Program KKN Mahasiswa Unmas Denpasar Kolaborasi dengan Warga di Desa Singapadu

“Kami mendorong para siswa untuk tak hanya berprestasi di bidang akademik, tapi juga non-akademik. Bagi kami, esports saat ini tidak lagi hanya tentang bermain game, tetapi juga mengajarkan berbagai hal yang perlu dikuasai oleh siswa agar ia dapat berkembang dan secara tidak langsung membantu meningkatkan prestasi akademik. Di sisi lain, pembuatan tugas menggunakan platform video pendek juga mengasah kreativitas para siswa sehingga kami berharap dengan adanya program Online Media dan Broadcasting ini akan membantu para siswa dalam mempersiapkan talenta digital. Kami juga percaya bahwa dunia saat ini sedang berada dalam suatu attention economy dan bahwa salah satu penggerak utama dalam ekonomi tersebut adalah konten dan platform digital seperti SnackVideo,” ujar Yohannes Siagian selaku Kepala SMA 1 PSKD Jakarta.

Di seminar dan workshop ini, SnackVideo juga menghadirkan salah seorang content creator-nya, Aprina Tirza (Apiww), untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada pada siswa SMA 1 PSKD Jakarta tentang pembuatan video pendek yang kreatif, sehingga dapat menghasilkan karya yang diminati dan berpeluang untuk mendapatkan penghasilan.

Apiww, yang merupakan salah satu livestreamer sukses di SnackVideo, mengungkapkan, kalau kamu seorang pemula, kuncinya adalah dengan aktif live streaming sehingga kamu akan terus direkomendasikan di pencarian. Jangan kecil hati kalau awalnya yang menonton hanya sedikit.

“Kamu bisa ajak teman-teman dan keluarga untuk nonton live streaming, dan kalau kamu memang aktif, maka kamu akan di-notice oleh pengguna yang lain. Pilih topik-topik yang menarik dan tidak membosankan untuk materi live streaming. Selain itu, kamu juga harus interaktif agar orang-orang betah menonton live streaming kamu. Kalau jumlah penonton semakin bertambah, jangan lupa untuk membuat pengumuman kapan kamu akan live streaming lagi dan ajak mereka untuk bergabung dan support kamu,” jelas Apiww

Kolaborasi SnackVideo dengan institusi pendidikan, seperti yang dilakukan bersama SMA 1 PSKD Jakarta, akan terus terbuka dan berlanjut. Ini merupakan cerminan dari nilai-nilai dalam ekosistem SnackVideo yang inklusif dan ramah bagi semua orang sehingga dapat mengekspresikan diri mereka dengan positif.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News