Duta Seni Jembrana
Duta Seni Jembrana Tampilkan Fragmentari Calonarang Hari Jadi ke-1144 Kota Kediri. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Kontingen Jembrana Tampil Memukau dalam Peringatan Hari Jadi Kota Kediri ke-1144 Tahun 2023 “Kediri Nite Carnival” yang disaksikan secara langsung oleh Wakil Bupati Jembrana, I.G.N Patriana Kriana (Ipat), Sabtu (7/10/2023) di Jalan Basuki Rahmat Depan Balai Kota Kediri

Acara tersebut dibuka oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar didampingi Forkopimda dan Wabup Jembrana diawali dengan pemecahan ‘Kendi’. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan berjalan menuju tempat pementasan parade Kediri Nite Carnival, bertempat di Balai Kota Kediri.

Baca Juga :  Enam Ranperda Disetujui Jadi Perda, Bupati Tamba : Bukti Sinergitas Eksekutif dan Legislatif

Adapun peserta pawai, berjalan sepanjang 2 km, dari Kediri Memorial Park dan berakhir di Balai Kota Kediri.

Memeriahkan hari jadi kota kediri ke-1144 itu, duta seni Jembrana membawakan fragmentari Calonarang besutan Sanggar Sangitha Mredangga. Berkekuatan 40 personil, fragmentari ini mengisahkan cerita rakyat yang kesohor di Pulau Bali tentang seorang janda dari Desa Girah bernama Calon Arang. Dia merupakan penguasa ilmu hitam yang sering merusak hasil panen para petani dan menyebabkan datangnya penyakit.

Atraksi yang dibawakan secara apik oleh anak-anak sanggar ini sukses menyedot ribuan penonton yang memadati areal pertunjukan Kediri Nite Festival. Bahkan, Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari Kontingen Jembrana yang tampil begitu memukau.

“Terima kasih kepada bapak Wabup Jembrana atas kehadiran dan partisipasinya, Jembrana selalu tampil dengan bersemangat dan memukau para penonton,”. ujar Abdullah Abu Bakar.

Baca Juga :  Cek Kesiapan Hadapi Arus Mudik, Bupati Tamba Dampingi Kapolri Tinjau Pelabuhan Gilimanuk

Dalam kesempatan itu, Wabup Ipat menyampaikan, bahwa kunjungannya tersebut mewakili Pemerintah Kabupaten Jembrana.

“Kontingen Jembrana yang kali ini menampilkan Calonarang merupakan bentuk kunjungan balasan karena pada parade seni dalam peringatan HUT Kota Negara ke-128, duta seni Kediri juga sudah mempersembahkan atraksi kesenian yang luar biasa di Jembrana,” ucap Wabup Ipat.

Wabup Ipat juga berharap talisilaturahmi antara Kabupaten Kediri dengan Jembrana ke depannya tetap berjalan baik.

“Terima kasih saya ucapkan kepada bapak Wali Kota dan Pemerintah Kabupaten Kediri mudah-mudahan ke depannya tidak hanya sampai disini, tetapi sinergitas Kabupaten Kediri dengan Jembrana yang telah dibangun tetap kita jaga dan pertahankan,” pungkasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News