Pertamuda
Dorong Pertumbuhan Startup Muda, Pertamuda Workshop Series 3 Sukses Digelar di ITS Surabaya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, SURABAYA – Konsisten dalam mendukung perkembangan startup muda di Indonesia, PT Pertamina (Persero) kembali menggelar Pertamuda Workshop Series 3 sebagai rangkaian dari kompetisi ide bisnis Pertamuda Seed and Scale 2023 di Gedung Riset Center, ITS, Selasa (10/10/2023).

Pertamuda Workshop Series 3 ini mengambil tema ‘The Power of Networking: Building Meaningful Connection’ dimana diharapkan para anak muda dapat memahami pentingnya networking dalam kehidupan profesional dan pribadi.

Menurut Probo Prasiddhahayu, Manager Non Government Stakeholder Relation PT Pertamina (Persero), workshop series kali ini merupakan bagian dari upaya PT Pertamina (Persero) membina sinergi antara dunia industri dan perguruan tinggi.

Pertamuda Workshop sendiri berlangsung hingga empat kali, dimana para pembicara merupakan praktisi bisnis dan tim dari Pertamina.

“Series ketiga ini merupakan acara offline pertama yang kita buat setelah pandemi. Kenapa dipilih di Surabaya, karena kita melihat animo yang tinggi dari para startup muda disini,” jelasnya.

Selain offline, pihaknya juga memfasilitasi Workshop secara online sehingga peserta tidak hanya terbatas yang mendaftar saja namun terbuka bagi seluruh mahasiswa di Indonesia dan masyarakat umum selama kapasitas ruang virtual mencukupi.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Pelaku UMKM Kuliner, Pemkot Denpasar Gelar Pelatihan dan Pendampingan Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

Tak pelak, workshop yang pertama kali berlangsung secara offline ini peserta sangat antusias. Sekitar 1200 mahasiswa menghadiri acara yang berlangsung secara hybrid dan berebutan mengajukan pertanyaan kepada narasumber.

Sementara itu, Direktur Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS, Agus Muhammad Hatta yang hadir dalam kesempatan tersebut sangat menyambut baik Pertamuda Workshop Series 3. Dengan acara tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat untuk kedua belah pihak

“Pada 2035 nanti, ITS akan bekerja keras menciptakan institusi yang bersifat kewirausahaan. Tentu ini merupakan tantangan besar bagi kami ke depannya. Adanya workshop seperti ini sangat membantu para mahasiswa dalam membaangun networking serta dapat mendorong perekonomian secara berkelanjutan melalui penerapan ilmu dan teknologi,” jelasnya.

Adapun pembicara dalam workshop kali ini yaitu Edric Chandra (Program Initiator of Diplomat Success Challenge), Arya Dwi Paramita (Corporate Secretary PT Pertamina Hulu Energi) dan Arief Abdurrakhman (Dosen Teknik Instrumentasi ITS & Ketua Indonesian Career Center Network (ICCN) Jawa Timur).

Baca Juga :  Yongki Perdana Luncurkan Dua Varian Parfume dengan Harga Terjangkau

Ketiganya membahas terkait strategi dan etika dalam networking, mengelola hubungan dalam jangka panjang, pemanfaatan networking dalam karir dan bisnis, resolusi, dan parameter keberhasilan dalam networking.

Perlu diketahui bahwa Pertamuda atau Pertamina Muda Seed & Scale, sebuah program dari Pertamina yang merupakan kompetisi ide bisnis untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia, terbuka untuk ide bisnis dengan berbagai sektor yang berimplementasi pada pilar ekonomi, sosial, dan lingkungan dari Sustainable Development Goals (SDGs).

Pertamuda – Energizing Your Future adalah sekuel ketiga di tahun 2023. Dimana rangkaian kegiatannya yaitu Kick Off & Seminar Pertamuda 2023 dimana menjadi penanda dibukanya pendaftaran Pertamuda 2023.

Setelah pelaksanaan Kick Off, dilanjutkan dengan Pertamuda Workshop Series (PWS) yang dilaksanakan selama empat kali dan terbuka untuk umum. Dan pertama kalinya di tahun ketiga ini, di gelar dua kali workshop secara hybrid dan dilaksanakan di ITS serta ITB.

Baca Juga :  InJourney Hospitality Turut Melepas Peserta Mudik Asyik bersama BUMN Tahun 2024

Setelah rangkaian Kick Off dan OWS, dari semua pendaftar Pertamuda 2023, akan dilakukan kurasi ide bisnis untuk menentukan 30 peserta yang berhak maju ke babak Demoday Pertamuda 2023.

Demoday Pertamuda berisi agenda mentoring/pitching session dan penjurian untuk menentukan 3 peserta terbaik kategori Early Stage Pertamuda 2023 yang akan mendapatkan dana pembinaan senilai total Rp300 juta. Dan 3 peserta terbaik dari kategori Energy Founder mendapatkan dana senilai total Rp105 juta.

Pasca Demoday Pertamuda, 10 peserta terpilih akan mendapatkan fasilitas pendampingan dan mentoring bisnis selama 3 bulan. Serta dilakukan visitasi ke kampus dan lokasi usaha TOP 3 kategori Early Stage.

“Untuk itu kami mengundang seluruh mahasiswa Indonesia untuk segera mendaftar sebelum di tutup tanggal 28 Oktober 2023 melalui www.pertamuda.id,” pungkas Probo.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News