TEMPEMAN
Tempe di Tangan Benny Santoso. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tempe, sejenis makanan tradisional Indonesia terbuat dari kedelai yang difermentasi, telah menjadi bagian integral dari masakan Indonesia selama berabad-abad. Namun, meskipun memiliki nilai gizi yang tinggi dan ramah lingkungan, tempe tidak begitu populer untuk dijadikan bahan baku olahan makanan di antara generasi muda.

Benny Santoso, dengan semangatnya yang tak kenal lelah untuk melestarikan kuliner Indonesia, telah berhasil mengubah pandangan masyarakat terhadap tempe.

Berawal dari tugas akhir di STP Nusa Dua (kini Poltekpar Bali), Benny membuat olahan makanan dengan bahan dasar tempe yang dinamai ‘Ini Tempe’ (kini Tempeman). Saat itu ia membuat tempe rasa keju dan mendapatkan respon positif dari teman-temannya.

“Memilih tempe karena makanan ini sudah dikonsumsi saat masih kecil dulu. Kita terbiasa dengan tempe goreng, kenapa tidak diolah menjadi kue kering dengan banyak varian rasa-rasa seperti keju, cokelat, dll,” tutur Benny saat dihubungi via Whatsapp, Sabtu (30/9/2023) malam.

Baca Juga :  APBD Induk Tahun 2024, Pemkot Denpasar Prioritaskan Pembangunan Gedung di 11 Sekolah

Berkat kegigihannya dalam melahirkan inovasi baru, Benny Santoso meraih Apresiasi Tingkat Provinsi dalam ajang SATU Indonesia Awards 2020 Bidang Kewirausahaan dengan program Diplomasi Budaya Melalui Tempe.

Untuk saat ini, Tempeman sudah berkolaborasi dengan banyak UMKM, salah satunya Mazaraat Artisan Cheese Jogja dengan menggabungkan sensasi kripik tempe dan keju Jogja yang bisa ditemani dengan segarnya wine anggur.

“Kita juga ada kolaborasi dengan Gelato Secret untuk membuat gelato dari oat milk dengan toping cokelat tempe,” tambah Benny.

Benny berharap, generasi muda Indonesia lebih melirik lagi potensi dari daerah masing-masing, mencintai produk lokal dan bangga akan produk lokal.

“Kalau kita bisa mengolah dengan benar, produk-produk lokal atau bahan makanan yang murah meriah bisa bernilai ekonomis yang sangat tinggi,” tutup Benny dalam bercakapan tersebut.

Produk Tempeman bisa dibeli di e-commerce, seperti Tokopedia dan TikTok Shop. Tempeman juga membuka peluang bagi #SahabatCerdas yang ingin menjadi reseller dan mengikuti kelas memasak bersama Benny Santoso.

Benny Santoso adalah contoh nyata bagaimana satu orang dapat membuat perbedaan dalam melestarikan warisan kuliner dan mendukung keberlanjutan pangan Indonesia.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Puncak Karya Angasti Puja Atma Wedana Griya Gede Telaga Tegal

Dengan semangat yang tak kenal lelah, Benny Santoso terus berjuang untuk memastikan bahwa tempe dan makanan tradisional Indonesia lainnya tetap relevan dan dicintai oleh generasi mendatang. SATU Indonesia Award adalah pengakuan yang layak atas dedikasinya, dan kita dapat berharap melihat perubahan positif yang lebih besar dalam budaya makanan Indonesia berkat upaya dari orang-orang seperti Benny Santoso.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News