Unud
President Yamaguchi University Kunjungi Unud. sumber foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – President Yamaguchi University Prof. Yukio Tanizawa, MD.,Ph.D bersama Prof. Tetsuji Umaba (Professor Faculty of Economics), Hiroyuki Tanaka (Director, International Exchange Division) dan Masahiro Ueda (International Planning Section, International Exchange Division) melaksanakan kunjungan ke Universitas Udayana (Unud), Kamis (14/9/2023).

Dalam kunjungannya di Universitas Udayana, President Yamaguchi University memberikan kuliah umum bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Unud yang dilaksanakan di Rumah Sakit Universitas Udayana.

Turut hadir dalam Kuliah Umum ini Dekan Fakultas Kedokteran, Dirut RS Unud dan Jajaran serta para Dosen dan alumni Yamaguchi University dari Unud. Kuliah tamu dengan topik Recent Advances in Diabetes Clinical Practice and Research dipandu oleh moderator Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD.

Prof. Yukio Tanizawa menyampaikan bahwa Diabetes adalah kelainan metabolisme yang ditandai dengan hiperglikemia kronis (kadar glukosa darah tinggi yang tidak normal), disebabkan oleh kurangnya kerja insulin: penurunan sekresi insulin dan/atau gangguan kerja insulin (resistensi insulin) serta dapat menyebabkan komplikasi akut dan kronis.

Baca Juga :  Penguatan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah di Kalangan Pelajar Melalui Olimpiade Keuangan Syariah

“Klasifikasi Diabetes Melitus, serum insulin dan level glukosa darah individu yang sehat, perbedaan patofisiologi diabetes dan kenapa diabetes menjadi masalah serta pengobatan Diabetes,” ungkap Prof. Yukio.

Usai kuliah tamu, President Yamaguchi University dan rombongan juga berkesempatan meninjau poliklinik-poliklinik yang ada di RS Unud serta sarana prasarana yang dimiliki yang dilanjutkan dengan pertemuan dengan Rektor Unud dan jajaran bertempat di Gedung Rektorat Kampus Jimbaran.

Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Juru Bicara Rektor menerima President Yamaguchi University di Ruang Tamu Rektor yang kemudian dilanjutkan pertemuan serta diskusi dengan para Dekan, Pimpinan Pascasarjana dan Dirut RS Unud bertempat di Ruang Bahasa Gedung Rektorat.

Dalam kesempatan tersebut Rektor memperkenalkan sekilas mengenai Universitas Udayana dan membahas peluang-peluang kerjasama antara kedua universitas salah satunya terkait dengan kerjasama riset. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News