Kelurahan Peguyangan
Kelurahan Peguyangan Rutin Laksanakan Giat Bank Sampah di Banjar Benaya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kelurahan Peguyangan rutin melaksanakan bank sampah disetiap banjar. Pelaksanaan bank sampah ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan untuk mendukung pengolahan serta pemilahan sampah berbasis sumber. Pelaksanaan pengumpulan sampah kali ini dilaksanakan di Bank Sampah Dahlia Banjar Benaya, Kelurahan Peguyangan, Minggu (10/9/2023).

Lurah Peguyangan, I Gede Sudi Arcana saat dikonfirmasi mengatakan, giat bank sampah kali ini bertempat di Balai Banjar Benaya, Kelurahan Peguyangan. Bank Sampah yang bernama Bank Sampah Dahlia ini dikelola oleh Kader PKK banjar setempat serta kelihan adat Banjar Benaya yang juga sebagai pelindung Bank Sampah Dahlia tersebut.

Baca Juga :  Ajak Anak Kreativitas Tinggi, Astra Motor Negara Gelar Fashion Show Kartini Cilik

“Giat pengumpulan atau penimbangan sampah di Bank Sampah Dahlia ini dilaksanakan pada minggu kedua di setiap bulannya. Selain menerima pengumpulan sampah non organik, bank sampah ini juga menerima minyak jelantah yang nantinya juga akan disalurkan ke pengepul Sumber Bumi Menghijau (SBM),” ujarnya.

Sudi Arcana berharap, kedepannya Bank Sampah Dahlia dengan konsisten melaksanakan kegiatan bank sampah ini. Dimana, hal ini dapat membantu pemerintah dalam mengurangi pembuangan sampah ke TPA Suwung.

“Selain itu dari bank sampah ini juga diharapkan agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya memilah sampah dari rumah sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan dari sampah non organik,” katanya.

Selebihnya dikatakan Gede Arcana adapun sampah yang terkumpul saat ini sebanyak 648,1 kilogram. Dimana, semua sampah tersebut akan dijual kembali ke pengepul.

Baca Juga :  Masyarakat Banjar Tengah Peguyangan Antusias Ikuti Bank Sampah

“Dengan adanya bank sampah ini dapat memberikan nilai tambah terhadap sampah yang dihasilkan dimasing-masing rumah tangga,” imbuhnya.

I Gusti Ayu Mas Sutrisni, selaku koordinator Bank Sampah Dahlia menambahkan, dengan adanya Bank Sampah Dahlia ini memiliki dampak positif untuk PKK, salah satunya bisa menjadi tabungan. Dimana, hasil pengumpulan sampahnya biasanya dibayarkan sebelum Hari Suci Galungan.

“Hasil pengumpulan sampah dari nasabah bank sampah ini sedikit tidaknya dapat di pergunakan untuk pembelian alat-alat upakara, jadi semakin rajin menabung sampah semakin banyak manfaat yang didapatkan oleh ibu0ibu PKK,” katanya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News