Delegasi
Delegasi Pemerintah Western Australia Gelar Misi Indonesia yang Bersejarah 'Indonesia Connect Roadshow'. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemerintah Western Australia, di bawah kepemimpinan Premier Roger Cook, telah meluncurkan misi luar negeri pertama yang menjadi tonggak sejarah bagi negara bagian tersebut.

Misi ini melibatkan lebih dari 130 delegasi bisnis dan pejabat Pemerintah Western Australia (WA), dengan fokus utama pada investasi dan perdagangan dalam sektor-sektor kunci seperti transisi energi, industri kreatif dan ekonomi digital, pendidikan internasional, industri primer, dan pariwisata.

Premier Roger Cook, yang memimpin langsung misi ini, menjadikannya sebagai pengalaman unik dalam kapasitasnya sebagai Premier Western Australia. Dengan jumlah delegasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, misi ini dianggap sebagai pencapaian besar dalam memperkuat hubungan ekonomi dan budaya antara Western Australia dan Indonesia.

Dalam tim delegasi yang ikut serta dalam misi ini, terdapat tiga anggota kabinet Cook yang memiliki portofolio masing-masing:

  • David Templeman: Menteri Kebudayaan dan Seni, Olahraga dan Rekreasi, Pendidikan Internasional, dan Warisan.
  • Bill Johnston: Menteri Pertambangan dan Perminyakan, Energi, Industri Hidrogen, dan Hubungan Industri.
  • Jackie Jarvis: Menteri Pertanian dan Pangan, Kehutanan, dan Bisnis Kecil.
Baca Juga :  Ketut Adi Sutrisna dan Adi Setiawan Terpilih Sebagai Ketua dan Sekretaris AMSI Bali Periode 2024-2028

Premier Roger Cook menyatakan, Misi dagang bersejarah ke Indonesia ini merupakan misi luar negeri pertama saya sebagai Premier, dan hal ini memainkan peran penting dalam masa depan Western Australia dan khususnya rencana kami untuk mendiversifikasi perekonomian kami.

“Indonesia adalah mitra yang diakui dan dipercaya, oleh karena itu penting bagi kami untuk mencari cara-cara baru untuk memperdalam hubungan Indonesia dengan Western Australia yang dapat memberikan peluang investasi dan lapangan kerja lokal,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Premier Cook mengungkapkan, Misi ini adalah kesempatan luar biasa untuk bertemu dengan para pelaku industri di seluruh Indonesia, salah satu tetangga terdekat dan paling berharga bagi kami.

Kegiatan ‘Indonesia Connect Roadshow’ menjadi platform yang digunakan untuk mempromosikan Western Australia sebagai mitra yang diakui dan terpercaya, serta memberikan kesempatan bagi bisnis di Western Australia untuk terlibat dalam perdagangan, investasi, dan pertukaran budaya. Roadshow ini dimulai di Jakarta dengan ASEAN Business and Investment Summit yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Baca Juga :  Konferensi Internasional di Bali Membahas Regulasi Teknologi Keuangan

Salah satu momen penting dalam roadshow ini adalah pidato Premier Western Australia dalam sebuah panel, di mana beliau membahas hubungan yang penting antara Western Australia dan kawasan ASEAN. Pada kesempatan ini, promosi peluang kolaborasi di sektor energi menjadi salah satu sorotan utama.

Misi di Jakarta juga mencakup acara Energy Roundtable dengan KADIN, yang fokusnya adalah pengembangan rantai pasokan industri mineral dan baterai yang bernilai tambah, tangguh, dan berkelanjutan di kedua wilayah. Roundtable ini merupakan tindak lanjut dari rencana aksi terkait mineral penting yang ditandatangani selama kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo ke Sydney pada bulan Juli.

Menerima sejumlah besar permohonan, tim misi yang terpilih mencakup delegasi dari usaha kecil, menengah, hingga besar. Pertemuan B2B (business to business) yang disesuaikan dan relevan akan diadakan untuk semua delegasi yang hadir.

“Dengan banyaknya permohonan, permintaan untuk menjadi bagian dari misi ini sangat besar dan menunjukkan pentingnya hubungan ekonomi kita,” tambah Premier Roger Cook menekankan.

Selama misi seminggu ini, delegasi juga mengunjungi Surabaya dan Denpasar, dua kota penting di Indonesia, dengan fokus spesifik pada sektor-sektor tertentu.

Baca Juga :  Dukung Persiapan Masuki Dunia Kerja, Astra Motor Bali Hadiri Gelaran Job Fair SMK PGRI 2 Badung

Hubungan erat antara Western Australia dan Indonesia telah menjadi pendorong utama ekonomi bagi kedua belah pihak. Beberapa fakta kunci tentang hubungan ini termasuk:

  • Western Australia mengekspor barang ke Indonesia senilai AUD3,8 miliar pada tahun 2022, melampaui rata-rata tahunan selama 10 tahun terakhir.
  • Western Australia menyumbang seperempat dari total perdagangan barang Australia dengan Indonesia pada tahun 2022.
  • Western Australia menyumbang 30 persen ekspor barang Australia ke Indonesia pada tahun 2022.
  • Indonesia adalah mitra dagang penting Western Australia, dengan nilai perdagangan barang senilai AUD4,6 miliar di tahun 2022.
  • Ekspor minyak bumi ke Indonesia meningkat 16 persen menjadi AUD1,2 miliar pada tahun 2022.

“Besarnya skala delegasi ini menunjukkan betapa seriusnya kami memandang hubungan ini, itulah sebabnya tiga anggota penting Kabinet saya bergabung dengan saya dalam misi ini, untuk mewakili sebanyak mungkin kepentingan Western Australia dalam hubungannya untuk meningkatkan kedekatan dengan Indonesia,” tutup Premier Roger Cook. (ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News