tamba
Bupati Tamba Apresiasi Semangat Meturunan Semeton Merajan Dadia Pesemetonan Pretisentana Sri Nararya Kresna Kepakisan Desa Pohsanten. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menghadiri Karya Agung Mamungkah Wraspati Kalpa lan Padudusan Alit di Merajan Dadia Pesemetonan Pretisentana Sri Nararya Kresna Kepakisan Banjar Rangdu, Desa Pohsanten, Wraspati Paing Wuku Tambir, Kamis (28/9/2023).

Pelaksanaan upacara Yadnya tersebut, serangkaian dengan telah rampungnya pembangunan Merajan Dadia yang dilanjutkan dengan upacara Mamungkah, Wraspati Kalpa lan Padudusan yang puncaknya dilaksanakan besok bertepatan dengan rahina Purnama Kapat.

Ketua Merajan Dadia, I Made Januartayasa menyampaikan, bahwa pembangunan Merajan Dadia yang diempon oleh 68 KK tersebut dimulai pada tahun 2016. Pembangunan dilaksanakan secara bertahap hingga akhirnya bisa rampung di tahun ini.

“Pembangunan dimulai tahun 2016 dimulai dari pembangunan pelinggih, dilakukan secara berharap dilanjutkan dengan tembok penyengker dan kori. Astungkara, puncak karya dilaksanakan besok tanggal 29 September 2023,” ucapnya.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Hadiri Upacara Nuasen Ngodakin Pralingga Sesuhunan Pura Taman Buitan Banjar Paang Tebel

Januartayasa menjelaskan, bahwa pembangunan Merajan Dadia dilaksanakan dengan biaya yang dikumpulkan oleh semua keluarga secara urunan dan itupun dilaksanakan secara bertahap.

“Modal dasar dari pembangunan Merajan Dadia adalah semangat membangun dan kebersamaan. Kami, sejalan dengan pembangunan juga sambil meturunan. Astungkara hingga puncaknya besok semua dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Disisi lain, Bupati Tamba memberikan apreasi atas semangat gotong-royong semeton Merajan Dadia Pesemetonan Pretisentana Sri Nararya Kresna Kepakisan desa Pohsanten sehingga pembangunan Merajan Dadia dapat terselesaikan hingga pelaksanaan upacara yadnya yang puncaknya berlangsung besok.

“Pembangunan Merajan ini secara bertahap karena keberanian dan semangat seluruh keluarga, ini sebagai wujud bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan para leluruh serta dapat memperat kekeluargaan,” ucapnya.

Pihaknya juga meminta kepada semua sameton Merajan Dadia untuk mendukung dan bersama-sama bekerja mewujudkan Jembrana Emas di tahun 2026.

“Saya mohon doa restu, kabupaten Jembrana memiliki program Jembrana Emas di tahun 2026, tujuannya untuk memberikan kesejahteraan bagi semua masyarakat Jembrana,” ujar Bupati Tamba.

Pihaknya pun menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten Jembrana sangat intens mendukung pembangunan Pura maupun Merajan serta tempat ibadah lainnya yang di kabupaten Jembrana.

Baca Juga :  Jembrana Ditetapkan Menteri AHY Sebagai Kabupaten Lengkap 

“Pemerintah kabupaten Jembrana juga cukup banyak membantu pembangunan Pura maupun Merajan berupa hibah. Astungkara setiap proposal yang disampaikan dapat dibantu,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tamba juga melaksanakan penandatanganan prasasti Karya Agung Mamungkah, Wraspati Kalpa lan Padudusan Alit dilanjutnya dengan persembahyangan bersama-sama dengan seluruh semeton Merajan Dadia. Bupati Tamba juga menyampaikan Punia sebagai dukungan terhadap pelaksanaan upacara Yadnya tersebut.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News