Ngaben Massal
Bupati Tamba Apresiasi Semangat Krama Ngaben Massal Desa Pekraman Baluk. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bertepatan dengan rahina Saniscara, Tumpek Krulut, Wuku Krulut, Sabtu (16/9/2023), Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menghadiri Upacara Pitra Yadnya Kinembulan lan Atma Wedana Nyekah Masal di Pura Dalem Desa Adat Baluk, Kecamatan Negara.

Upacara Pitra Yadnya Kinembulan lan Atma Wedana Nyekah Masal ini diikuti 117 sawa yang melaksanakan ngaben dan mukur, sedangkan untuk ngelungah 107, dan mungkah 3.

“Untuk biaya ngaben dari masing-masing pemilet diantaranya Ngelungah Rp500 ribu, Nyekah Rp2,750 juta dan mungkah Rp6 juta,” terang Bendesa Desa Adat Baluk I Komang Suartoma.

Sementara Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menyampaikan apresiasi dan dukungan atas semangat persatuan yang telah ditunjukkan krama Desa Adat Baluk dalam melaksanakan Upacara Pitra Yadnya Atma Wedana lan Nyekah.

Baca Juga :  Kunjungi Jembrana, Pangdam IX Udayana Perkuat Sinergi dan Kebersamaan

“Kepada krama yang memiliki sawa agar betul-betul mengikuti jalannya upacara, mulai dari awal hingga ngelinggihang di merajan serta harus didasari atas hati yang tulus ikhlas,” ungkapnya.

Bupati juga berharap semua prosesi upacara tersebut dapat diikuti oleh semua keluarga sebagai tanggung jawab serta wujud bakti kepada leluhur yang diupacarai.

“Saya berharap, dudonan atau rangkaian karya yadnya ini berjalan dengan lancar labda karya, sida sidaning don,” tandasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News