UMKM
Binus University dan Universitas Udayana Bersinergi dalam ICDP 2023 untuk Mendorong Kewirausahaan dan Kemajuan UMKM. Sumber Foto : ads/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Binus University dan Universitas Udayana bekerjasama kembali dalam penyelenggaraan International Community Development Program (ICDP) 2023. Acara ini berlangsung di KUI Kampus Jimbaran pada Jumat (1/9/2023).

ICDP merupakan program khusus yang memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa domestik dan juga mahasiswa dari negara-negara sahabat yang berpartisipasi, dengan tujuan memperkaya pengetahuan mereka dalam studi mereka.

Dalam serangkaian kegiatan ICDP ini, mahasiswa memiliki kesempatan unik untuk berinteraksi dengan pemangku kepentingan dari sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Melalui interaksi ini, peserta dapat mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dan berkolaborasi untuk merumuskan solusi inovatif. Pendekatan pembelajaran ini diharapkan dapat menghubungkan teori akademis dengan situasi dunia nyata serta memberdayakan mahasiswa untuk memberikan kontribusi yang nyata.

Kolaborasi antara BINUS University dan Universitas Udayana menjadi pendorong utama kesuksesan program ini. Kerjasama ini tidak hanya memfasilitasi penyelenggaraan ICDP 2023, tetapi juga memungkinkan pertukaran pengetahuan antara mahasiswa dari kedua institusi.

Baca Juga :  Sanggar Seni Majalanggu, Duta Kabupaten Badung Tampilkan “Arja Cupak” dalam Pergelaran Revitalisasi Kesenian Klasik

Provinsi Bali dipilih sebagai lokasi program ini, memberikan peluang luar biasa untuk memperkenalkan peserta dengan elemen budaya yang unik. Pengalaman ini tidak hanya meningkatkan pemahaman peserta terhadap budaya lokal, tetapi juga berkontribusi pada kemajuan UMKM.

Debby Sonita Lubis, S.Psi., M.Soc.Sc., selaku International Office Manager BINUS University dan juga ICDP Project 2023, mengatakan bahwa ICPD merupakan bukti komitmen mereka untuk mendorong perkembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. 

“Dengan melibatkan peserta dalam berbagai kegiatan, kami tidak hanya meningkatkan pemahaman tetapi juga berkontribusi terhadap pertumbuhan sektor UMKM melalui upaya kolaboratif, terutama dalam lanskap digital yang dinamis,” ungkapnya.

Sementara itu, Dr. Eng. Ir. Ni Nyoman Pujianiki, ST, IT, M.Eng, IPM selaku Koordinator Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Udayana, juga menambahkan bahwa berkolaborasi dengan BINUS, yang merupakan universitas top nasional, membuka kesempatan bagi mahasiswa Udayana untuk bergabung dengan mahasiswa asing dalam menerapkan desain berpikir (design thinking) sehingga wawasan mereka menjadi lebih kreatif dalam memecahkan masalah. 

“Semoga kerjasama ini dapat terus ditingkatkan lagi dan program ini bisa berkelanjutan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, Ni Wayan Mulianingsih, sangat mendukung kegiatan ICDP 2023 dan berharap program ini dapat terus berlanjut demi kemajuan UMKM di Provinsi Bali.

Hal senada juga diungkapkan oleh Pejabat Fungsional Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, Gusti Nyoman Resmawan, yang berharap program ini dapat memberikan dampak positif bagi UMKM di Kabupaten Badung.

Baca Juga :  Sanggar Seni Bade Mas Suguhkan Pagelaran Gamelan Inovatif di PKB ke-46

Program ini juga melibatkan peserta dari berbagai negara, tidak hanya dari mahasiswa BINUS University, tetapi juga dari universitas internasional terkemuka seperti Universiti Malaya di Malaysia, Panpacific University di Filipina, dan Dong Nai Technology University di Vietnam. Kolaborasi lintas negara ini meningkatkan pertukaran budaya dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kaya bagi semua peserta.

International Community Development Program 2023 ini mencerminkan komitmen untuk mendorong kewirausahaan dan memberdayakan UMKM melalui keterlibatan kolaboratif untuk mendorong inovasi. Dengan menyediakan akses terhadap pengetahuan, pelatihan, dan sumber daya, program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas, efisiensi, dan daya saing UMKM di pasar lokal maupun internasional. (ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News