Unud
Sasar Peningkatan Pemahaman Interaksi Lintas Budaya, FIB Unud Gandeng Kanto International Senior High School Japan Selenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat Internasional di SMKN 5 Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Setelah sukses menyelenggarakan pembukaan acara Cultural Visit Kanto International High School minggu lalu, Program BIPA Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana menggandeng empat program studi lainnya yakni Program Studi Sastra Indonesia, Sastra Bali, Sastra Jepang, dan Sastra Jawa Kuna bekerja sama dengan Kanto International Senior High School Jepang menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Internasional yang bertempat di SMKN 5 Denpasar pada Jumat (18/8/2023).

Tema yang diusung kegiatan ini adalah ‘International Community Service: Promoting Cross-Cultural Understanding Across Nations’ yang bertujuan untuk memperkenalkan dan memperdalam pemahamanan tentang komunikasi dan interaksi lintas budaya, khususnya antara budaya Jepang dan Indonesia. Kegiatan ini menyasar staf pengajar dan siswa-siswi SMKN 5 Denpasar.

Kegiatan dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., Kepala SMKN 5 Denpasar, I Made Buda Astika, S.Pd., M.Pd., Koordinator Program BIPA FIB Unud, Prof. Dr. Drs. I Nyoman Suparwa, M.Hum., beserta jajaran, Koordinator Unit Pengelola Informasi dan Kerja Sama FIB Unud, Novita Mulyana, S.S., M.Hum., para dosen FIB Unud, delapan orang siswa dan dua orang guru dari Kanto International Senior High School yaitu Yumiko Horas dan Shu Adachi, serta staf pengajar dan siswa-siswi di SMKN 5 Denpasar.

Dalam sambutannya, Kepala SMKN 5 Denpasar, Buda Astika, S.Pd., M.Pd., menyambut baik penyelenggaraan kegiatan pengabdian internasional yang dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnya.

Baca Juga :  Jadi Wadah Partisipasi Anak Dalam Pembangunan, Sekda Alit Wiradana Buka Grand Final Gempita Anak Kota Denpasar Tahun 2024

Beliau berharap siswa-siswi SMKN 5 Denpasar dapat memperoleh manfaat dari kegiatan yang dilaksanakan dan berpesan kepada para siswa agar termotivasi untuk melanjutkan studi ataupun bekerja langsung di Jepang nantinya. Beliau juga berharap kegiatan semacam ini dapat terus berlangsung setiap tahunnya.

Senada dengan sambutan Kepala SMKN 5 Denpasar, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Prof Wati juga berharap bahwa acara ini mampu memberikan kesan yang mendalam bagi siswa-siswi baik dari Kanto maupun dari SMKN 5 Denpasar. Diharapkan kedua belah pihak mampu saling belajar berkolaborasi dan memiliki pengetahuan tambahan mengenai komunikasi dan interaksi lintas budaya khususnya budaya Jepang- Indonesia.

Baca Juga :  298 Ribu Wajib Pajak Telah Melaporkan SPT Tahunan Tepat Waktu di Kanwil DJP Bali

Beliau juga berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut demi meningkatkan kualitas pengajaran, salah satunya dengan mempelajari praktek baik sistem pendidikan di Jepang yang terkenal akan bobot belajar siswa yang ideal.

“Kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu bentuk implementasi kerja sama antara FIB Unud dengan Kanto International Senior High School, Jepang. Kami berharap melalui kegiatan kerja sama ini, kami dapat berkontribusi dalam peningkatan pemahaman siswa-siswi akan komunikasi lintas budaya melalui interaksi langsung tatap muka. Selain itu, kami juga berharap melalui kegiatan ini, kita dapat belajar dari Kanto International Senior High School tentang praktek baik sistem pendidikan di Jepang,”ungkap Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S. S., M.Hum.

Sebelum masuk pada agenda utama, kegiatan dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana dan SMKN 5 Denpasar dengan harapan hubungan kerja sama antara keduanya dapat semakin erat dalam mengimplementasikan kegiatan kerja sama di bidang tridharma perguruan tinggi.

Baca Juga :  Promo Ketupat, Pilihan Tepat Untuk Punya Motor Honda Baru 

Agenda utama kegiatan ini adalah pemberian dua materi utama yaitu Komunikasi Lintas Budaya Jepang-Indonesia oleh Yumiko Horas dari Kanto International Senior High School dan Pemahaman lintas budaya dalam interaksi (Jepang-Indonesia) oleh dua dosen Prodi Sastra Jepang FIB, Dr. Made Ratna Dian Aryani, S.S., M.Hum., dan Ni Putu Candra Lestari, S.S., M.Hum.

Dilanjutkan dengan kegiatan praktek interaksi lintas budaya berupa praktek menulis kaligrafi aksara Bali yang dipandu oleh dosen program studi Sastra Bali, Putu Eka Guna Yasa, SS., M.Hum., dibantu oleh para dosen Sastra Bali dan Sastra Jawa Kuna.

Selanjutnya, pengabdian ditutup dengan pelatihan komunikasi lintas budaya dalam keseharian yang salah satunya dalam kegiatan ramah tamah dan memasak dipandu oleh para instruktur dari program studi Sastra Indonesia dan Sastra Jepang. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News