Bupati Sanjaya
Perkuat Sinergi, Bupati Sanjaya Hadiri Karya Ngenteg Linggih Krama Desa Adat Beraban, Kediri dan Desa Adat Bongan, Seltim. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Selalu berupaya membangun serta meningkatkan sinergitas guna mencapai pembangunan menyeluruh serta mewujudkan masyarakat yang Aman, Unggul dan Madani, selalu diperlihatkan oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M, sampai saat ini. Bersama pihak legislatif dan jajaran, apresiasi dan dukungan diberikan dalam setiap pembangunan, baik pembangunan Parahyangan, Palemahan ataupun Pawongan yang dilaksanakan oleh krama/masyarakat Tabanan.

Sama halnya kali ini, Selasa (22/8/2023), bersama anggota DPRD Tabanan serta didampingi Sekda dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Bupati Tabanan menghadiri undangan rangkaian Karya Ngenteg Linggih yang dilaksanakan krama di 2 (dua) Desa yang berlokasi di Kecamatan Kediri dan Kecamatan Seltim. Hadir pula, para Sulinggih, Jero Mangku, Camat dan unsur Forkopimcam, Perbekel, Bendesa Adat, Panitia Karya dan juga krama setempat.

Bersama pihak legislatif dan jajaran, Bupati Sanjaya, mengawali kunjungan menghadiri undangan Karya Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung dan Mupuk Pedagingan di Pura Bale Pegat, Desa Adat Beraban, Kediri, kemudian dilanjutkan menghadiri undangan Karya Agung Ngenteg Linggih di Pura Kahyangan Puseh dan Desa, Desa Adat Bongan, Seltim. Dalam kesempatan itu, pihaknya mengucap syukur dan kebanggaannya bisa hadir memberikan apresiasi dan dukungan terhadap pembangunan krama.

“Selaku Kepala Daerah, juga selaku pemerintah, tiang di Pemkab Tabanan sangat menyambut baik Karya yang dilakukan masyarakat. Apalagi, dilaksanakan dengan semangat persatuan dan gotong-royong serta konsep pembangunan yang baik dari krama. Hal ini sangat saya apresiasi sebagai salah satu perwujudan visi misi Pemkab Tabanan,” ujarnya Sanjaya.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Sampaikan Rekomendasi DPRD Kabupaten Tabanan Atas LKPJ TA 2023

Hal ini merupakan suatu implementasi dalam mewujudkan visi Pemkab Tabanan, yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani. Yang mana, visi ini berbasis nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi, yaitu Atma Kerthi, Segara Kerthi, Danu Kerthi, Wana Kerthi, Jana Kerthi serta Jagat Kerthi yang meliputi 5 (lima) bidang prioritas, yang mana Karya ini mencerminkan pencapaian dalam bidang tradisi, seni, adat, agama dan budaya yang ada.

Untuk itu, selain menjaga serta meningkatkan kekompakan, persatuan dan semangat gotong-royong antar krama, Sanjaya berharap seluruh krama mampu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur tradisi, adat, agama dan kebudayaan yang ada, sehingga tetap ajeg dan lestari. Begitu juga halnya untuk mewujudkan pembangunan menyeluruh, pihaknya tidak bisa sendiri, oleh sebab itu Sanjaya meminta kepada seluruh krama untum meningkatkan sinergitas dengan pemerintah serta turut berperan aktif dalam setiap pembangunan.

Baca Juga :  Tandai Penyineban Karya IBTK Tahun 2024, Pj Gubernur Bali Nuek Bagia Pula Kerti

Seluruh krama yang diwakili oleh Panitia Karya setempat, menyampaikan kebahagiaannya atas kehadiran Bupati beserta jajaran dalam Karya yang dilakukan oleh pihaknya. Selain dukungan dan bantuan, baik moril maupun materiil, kehadiran Bupati sangat diharapkan sebagai upasaksi serta mendoakan agar karya berjalan dengan lancar. Di samping itu, juga diharapakan mampu menjadi suatu motivasi bagi pihaknya guna bersama-sama mewujudkan visi menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).

Seperti yang dikatan Ketut Rada selaku Panitia Karya di Desa Adat Beraban, tujuan mengundang Bupati dikatakannya agar bersama-sama krama mendoakan Karya ini, sehingga memargi antar labda karya sida sidaning don. Dan atas kehadiran bupati beserta jajaran, pihaknya juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya dan berharap Bupati beserta jajaran mampu mewujudkan pembangunan menyeluruh di Kabupaten Tabanan serta selalu hadir mendukung juga membantu setiap pembangunan krama di Kabupaten Tabanan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News