Unud
Pentingnya Pengelolaan Lahan Kering, Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste Kirim Staf Ikuti Pelatihan di Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Magister Pertanian Lahan Kering, Fakultas Pertanian Universitas Udayana (Unud) bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste menyelenggarakan Pelatihan Internasional Analisis Tanah, Teknologi Pemuliaan Tanaman, dan Teknologi Pascapanen bagi Staf Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste, yang berlangsung di Ruang Senat Unud Gedung Agrokomplek Denpasar, Senin (21/8/2023).

Dr. Ir. Gede Wijana, M.S., selaku Ketua Penyelenggara melaporkan, jumlah peserta pelatihan ini berjumlah 13 orang yang terbagi dalam 3 kelas. Pelatihan ini terselenggara atas kerja sama dengan laboratorium dari Fakultas Pertanian yang terlibat dalam kegiatan ini.

Peserta yang mengikuti pelatihan, disamping mendapatkan teori dan praktek di kampus juga akan mendapatkan praktek di lapangan serta juga praktek kerja sama dengan kelompok tani pengolah cacing, kelompok tani kinar yang ada di Desa Megati, Tabanan.

Selain itu juga akan dilaksanakan pengabdian internasional untuk mendukung kegiatan hari ulang tahun Fakultas Pertanian Unud ke-56 dan Badan Kekeluargaan Fakultas Pertanian (BKFP) yang ke-45.

Baca Juga :  Dukung Persiapan Masuki Dunia Kerja, Astra Motor Bali Hadiri Gelaran Job Fair SMK PGRI 2 Badung

Dekan Fakultas Pertanian Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Ustriyana, M.M., menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste kepada Fakultas Pertanian Unud sebagai tempat untuk meningkatkan kompetensi staf di bidang pertanian, khususnya yang berada di Timor Leste.

Sementara itu Direktur General Kerja Sama dan Pengembangan Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste Dr. Cesar Jose d Crus menyampaikan, ini merupakan kesekian kalinya Kementerian Pertanian, Perikanan, Peternakan dan Kehutanan Timor Leste mengirimkan staf ke Fakultas Pertanian Unud untuk mengikuti pelatihan. Dengan dilaksanakannya pelatihan ini diharapkan para peserta nantinya mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya untuk diterapkan sekembalinya dari Bali.

Baca Juga :  Bulan Kartini, Dealer MFM Sakah Ajak Konsumen Wanita Senam Sehat

“Saya percaya dengan bantuan semua pihak dari Fakultas Pertanian Universitas Udayana, ini akan membantu menfasilitasi agar peserta lebih bisa meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas mereka di dalam pertanian lahan kering,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama,  Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P., IPU., juga menyampaikan terima kasih kepada Direktur General Dr. Cesar Jose d Crus karena sudah mempercayai Fakultas Pertanian Unud untuk melanjutkan kerja sama yang sudah berlangsung cukup lama. Apresiasi juga diberikan kepada Program Studi Magister Pertanian Lahan Kering atas kerja sama ini.

Baca Juga :  Sambut Hardiknas Tahun 2024, Ayu Kristi Arya Wibawa Buka Workshop Peningkatan Kompetansi Guru PAUD

MoU yang dimiliki Unud dengan Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste yang diterjemahkan dalam Perjanjian Kerja Sama sangat bermanfaat untuk Timor Leste maupun di Universitas Udayana.

Kerja sama ini sangatlah diperlukan oleh Unud karena merupakan kerja sama internasional yang diperlukan untuk akreditasi program studi maupun akreditasi Universitas Udayana. Wakil Rektor berharap kerja sama ini kedepannya terus ditingkatkan untuk mendapatkan manfaat bagi kedua belah pihak.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan surat Perjanjian Kerjas Sama antara Magister Pertanian Lahan Kering Universitas Udayana dengan Kementerian Pertanian dan Perikanan Timor Leste, serta penyematan topi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unud kepada 13 orang peserta pelatihan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News