Mekepung Bupati Cup 2023
Mekepung Bupati Cup 2023 Pertama Kali Diselenggarakan di Sirkuit All in One. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Menyambut HUT ke-128 Kota Negara, Makepung Bupati Cup 2023 merupakan event pertama kalinya menggunakan Sirkuit All in One. Sirkuit All in One Jembrana, merupakan sirkuit yang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan sirkuit lainnya. Karena memiliki view pantai yang memukau.

Diikuti sebanyak 203 peserta, Lomba Makepung Bupati Cup 2023 dibuka Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, Minggu (6/8/2023) di Sirkuit All in One Desa Pengambengan sukses menyedot perhatian ribuan masyarakat yang menonton secara langsung.

Dari 203 peserta tersebut terdiri dari 108 regu barat (ijogading barat) dan 95 regu timur (ijogading timur).

Bupati asal desa Kaliakah ini mengatakan, bahwa Mekepung ini merupakan barang yang mahal, tentu Pemerintah Kabupaten Jembrana sangat memperhatikannya.

“Hari ini mungkin masih biasa-biasa saja, akan tetapi nanti akan kita ekspos ke luar negeri/dunia. Kita harus sabar sedikit lagi kita menuju Jembrana Emas, nantinya apa yang harus kita berikan dengan kemampuan daerah untuk membina ini nanti kita bisa ciptakan, ini pasti menjadi barang mahal,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengatakan, Sirkuit All In One ini sebagai salah satu tempat aktraksi budaya yang mungkin bisa dipertahankan sepanjang masa.

Baca Juga :  Pastikan Keamanan Mudik, Bupati Tamba Dampingi Kapolda Bali Tinjau Pelabuhan Gilimanuk

“Tempat Ini (Sirkuit All In One) untuk mereka bukan Bupati, silakan tempat ini digunakan dan dirawat,” ungkapnya.

Sementara, Koordinator Mekepung, I Made Mara menjelaskan, mekepung Bupati Cup 2023 yang selenggarakan hari ini diikuti sebanyak 203 pasang. Dari 203 pasang itu dibagi menjadi dua regu yakni 108 untuk regu barat dan 94 untuk regu timur. Selain itu juga dibagi menjadi regu A ada 10 pasang, regu B 20 pasang, regu C 30 pasang dan kelas pumula ada 34 pasang.

“Mekepung sampai hari ini sangat meningkat dibandingkan dengan sebelumnya dimana yang dulunya hanya 60 regu timur dan 70 untuk regu barat. Namun sekarang semuanya meningkat 94 untuk timur dan 108 untuk regu barat,” jelasnya.

Baca Juga :  Sampaikan Selamat Lebaran, Bupati Tamba Sambangi Sejumlah Tokoh Muslim Jembrana

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan, bahwa Sirkuit All In One ini merupakan kali pertama digunakan pada event mekepung Bupati Cup.

“Antusiasme dari sekaa mekepung dan juga masyarakat sangat luar biasa dan menyambut baik dengan adanya sirkuit ini. Sirkuit ini untuk mereka, jika nantinya sirkuit-sirkuit yang ada ini siapa tau untuk kemajuan jaman dan padatnya penduduk nanti itu bisa beralih fungsi maka ini untuk back up kita ke depannya untuk mempertahankan seni dan budaya mekepung yang ada di Jembrana ini,” ujarnya.

Baca Juga :  The Apurva Kempinski Bali dan Samsara Living Museum Hadirkan Pameran Lontar Kitab Sutasoma

Menurut Made Mara, Bupati Jembrana sangat getol untuk mempertahankan warisan nenek moyang kita yang sudah menjadi ikon Kabupaten Jembrana sendiri.

“Kami dari sekaa mekepung sangat berterima kasih kepada Bupati Jembrana, Bupati sangat membantu dalam penyelenggaraan mekepung yang ada di Jembrana, beliau sudah membantu atas keberadaan Sirkuit All In One, dan juga Bupati membantu untuk merangsang daripada sekaa mekepung ini dengan memberikan bantuan berupa dana 5 juta di bagi dua untuk Bupati cup 2,5 juta dan Jembrana cup 2,5 juta, ini sangat membantu,” tandasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News