Unud
Lepas 1.559 Wisudawan pada Wisuda ke-155, Universitas Udayana Kini Miliki 117.640 Alumni. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Sebanyak 1.559 orang wisudawan dilepas Universitas Udayana (Unud) dalam Upacara Wisuda ke 155 di Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Bukit Jimbaran, Sabtu (19/8/2023).

Para wisudawan tersebut berasal dari program Diploma, Profesi, S1, SP-1, S2, dan S3. Sehingga jumlah alumni Unud sejak berdiri hingga wisuda ke 155 sebanyak 117.640 orang.

Para lulusan yang diwisuda kali ini dari Fakultas Ilmu Budaya sebanyak 102 orang, Fakultas Kedokteran 358 orang, Fakultas Peternakan 31 orang, Fakultas Hukum 131 orang, Fakultas Teknik 158 orang, Fakultas Pertanian 72 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 335 orang, Fakultas MIPA 118 orang, Fakultas Kedokteran Hewan 40 orang, Fakultas Teknologi Pertanian 23 orang, Fakultas Pariwisata 53 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 65 orang, Fakultas Kelautan dan Perikanan 45 orang, dan Program Pascasarjana 28 orang.

Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., menjelaskan, selain ada wisudawan yang dilepas dan ada pula mahasiswa baru yang datang. Universitas Udayana telah secara resmi menyambut kehadiran 6500 mahasiswa baru dalam pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada tanggal 15–16 Agustus 2023 lalu. Rektor berharap dengan peningkatan jumlah wisudawan diharapkan Unud turut berkontribusi dalam upaya mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan bangsa.

Baca Juga :  IGTKI-PGRI Denpasar Gelar Seminar Nasional Strategi PAUD, Bunda PAUD Kota Denpasar Ajak Bangun PAUD Berkualitas

Tidak hanya melangkah secara nasional, Unud juga bergerak melangkah menuju World Class University, Universitas Udayana juga selalu meningkatkan kualitas dengan mengikuti sertifikasi internasional AUN QA.

“Dengan memperoleh sertifikasi ASEAN Universities Network Quality Assurance, maka diharapkan Universitas Udayana dapat berkontribusi untuk wilayah ASEAN dan/atau wilayah lain melalui kolaborasi pendidikan, penelitian, dan studi bersama dengan anggota AUN-QA lainnya dan mempercepat terwujudnya harapan menuju universitas kelas dunia,” paparnya,

Tidak hanya memberikan layanan pendidikan terbaik pada mahasiswanya, Unud juga senantiasa mendorong adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia, utamanya di kalangan tenaga pendidik/dosen. Universitas Udayana akan melaksanakan pengukuhan bagi 18 orang Guru Besar yang baru di bulan September mendatang.

Semakin banyak Guru Besar yang dikukuhkan menunjukkan semakin banyak pakar yang dimiliki Unud dan semakin mengukuhkan Unud sebagai Universitas yang mampu menyiapkan calon-calon generasi penerus karena kualitas proses pendidikan dan kualitas para pendidiknya.

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan pesan mewakili seluruh civitas akademika, mengucapkan selamat atas kerja keras dan keberhasilan yang telah diraih oleh seluruh wisudawan.

“Gelar yang telah diraih bukanlah akhir dari segalanya namun merupakan awal dari tantangan baru dalam hidup. Teruslah belajar, bekerja dengan cerdas dan ikhlas, serta tetap menjaga nama baik almamater,” imbuhnya,

Baca Juga :  Program PMM di Undiksha: Membangun Toleransi, Memperkaya Wawasan Budaya Indonesia

Semoga ilmu yang telah diperoleh dapat diimplementasikan dengan  baik untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan negara.

Tidak lupa, Rektor berpesan agar para wisudawan dapat ikut berpartisipasi aktif dalam pengembangan Universitas Udayana dalam satu wadah resmi, yakni Ikatan Alumni Universitas Udayana atau IKAYANA dan turut berpartisipasi mengisi instrumen kuesioner online dalam pelaksanaan tracer study yang memiliki peran penting dalam upaya perbaikan dan pengembangan kualitas pendidikan di Universitas Udayana. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News