SPKLU PLN
Tak hanya SPKLU PLN UP3 Bali Selatan, Peserta Konvoi juga menyempatkan melakukan Pengisian ulang kendaraan listrik di SPKLU ITDC Nusa Dua. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – PT PLN (Persero) menyambut kedatangan peserta konvoi kendaraan ramah lingkungan di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bali Selatan, Kamis (24/8/2023).

Kegiatan konvoi yang merupakan bagian dari kegiatan ASEAN Green Transport Rally (ASEAN GTR) 2023 ini sebelumnya telah melakukan perjalanan dari Jakarta sejak 20 Agustus 2023 lalu.

“Setelah menempuh perjalanan sejak tanggal 20 Agustus 2023 dari Jakarta, peserta ASEAN GTR akhirnya sampai di Bali yang merupakan tujuan terakhir,” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi.

Ia menyampaikan setelah diterima Menteri ESDM, peserta rally selanjutnya akan melakukan city tour di Bali dan berakhir di Kantor Gubernur Bali.

Baca Juga :  Jadi Wadah Partisipasi Anak Dalam Pembangunan, Sekda Alit Wiradana Buka Grand Final Gempita Anak Kota Denpasar Tahun 2024

Kegiatan ini dilakukan selain untuk menyukseskan keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 juga sekaligus bertujuan untuk mengkampanyekan transportasi ramah lingkungan dan penggunaan bahan bakar ramah lingkungan.

Konvoi kendaraan ramah lingkungan yang diikuti oleh 8 unit mobil listrik ini juga menyempatkan peserta untuk menengok salah satu lokasi SPKLU PLN.

Senior Manager Niaga & Managemen Pelanggan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, Martindar Jalu Respati yang hadir menyambut peserta konvoi mengatakan PLN menyambut baik kegiatan yang diinisiasi Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) kali ini.

Menurutnya dengan datang langsung mencoba melakukan pengisian ulang kendaraan listrik di salah satu SPKLU milik PLN diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengendara yang memiliki kendaraan listrik.

“PLN berkomitmen untuk mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik dengan membangun SPKLU di lokasi–lokasi strategis yang mudah dijangkau pengendara, sehingga dapat menumbuhkan rasa kepastian, keamanan dan kenyamanan berkendara di jalan dengan kendaraan listrik,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa PLN terus mengupayakan menambah jumlah SPKLU di berbagai lokasi di Bali.

“Saat ini PLN sudah memiliki setidaknya 49 unit SPKLU yang tersebar di 30 lokasi se – Bali dan direncanakan akan ditambah lagi 2 unit SPKLU di lokasi yang menjadi daerah sentral pariwisata,” tambah Jalu.

Baca Juga :  Tiga Bulan Pertama 2024, Bandara I Gusti Ngurah Rai Layani 5,1 Juta Penumpang

Ia pun turut mengapreasiasi antusiasme masyarakat Bali yang semakin tertarik memiliki kendaraan listrik.

Dari data yang dihimpun PLN, pada tahun 2022 saja setidaknya ada peningkatan hingga 202 persen kepemilikan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sejak tahun 2017.

“Kami optimis peningkatan ini, trennya akan tumbuh secara positif dan untuk itu menjawab tantangan ini PLN tak hanya memastikan kesiapan infrastrukturnya berupa SPKLU dan aplikasi pendukungnya namun juga insentif bagi pengguna mobil listrik khususnya berupa diskon pemakaian listrik di malam hari untuk pengisian ulang kendaraan listrik,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News