Wagub Cok Ace
Gelar Lawatan Ke Praha, Wagub Cok Ace Bahas Potensi Kerjasama Antara Bali dan Ceko. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, PRAHA – Setelah melaksanakan prosesi Mendem Dasar atau Nasarin di Dolina Charlotty, Kota Slupsk, Polandia, Selasa (8/8/2023) Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjok Oka Sukawati memenuhi undangan Duta Besar Republik Ceko untuk Republik Indonesia, YM. Jaroslav Dolecek.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Cok Ace diterima oleh Duta Besar dan pejabat perwakilan Kantor Kemenlu Republik Ceko untuk ASIA, Mr. Jiri Brodsky bertempat di kantor Kementerian Luar Negeri Republik Ceko pada Rabu (9/8/2023).

Dalam kesempatan yang juga dihadiri oleh Koordinator bidang Ekonomi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Praha, Ernawati, pertemuan tersebut membicarakan potensi kerja sama yang bisa dilakukan antara Pemerintah Provinsi Bali, Indonesia dengan Pemerintah Republik Ceko, antara lain di bidang pendidikan, seni, budaya dan pariwisata.

Sebagai Guru Besar di bidang arsitektur, Wagub Cok Ace menyampaikan, bahwa Kota Praha bisa dijadikan sebagai referensi untuk mahasiswa teknik arsitektur yang ingin belajar mengenai struktur bangunan kuno dan bersejarah yang ada di sana. Pemerintah dari kedua pihak bisa melakukan pertukaran mahasiswa (darmasiswa) atau pemberian beasiswa kepada anak-anak muda.

Baca Juga :  Honda Aircraft Company Mendirikan Japan General Aviation Service Sebagai Pusat Layanan Resmi HondaJet di Jepang

Duta Besar Republik Ceko untuk Republik Indonesia, YM. Jaroslav Dolecek mengatakan sangat menghargai kunjungan Wakil Gubernur karena akan membantu untuk membuka pintu komunikasi dan kerja sama yang lebih baik antara Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Republik Ceko.

Sebelum kunjungan ke kantor Kementerian Luar Negeri, pada momentum yang sama Wakil Gubernur juga diundang oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Ceko, Kenssy Ekaningsih untuk bertemu dengan komunitas masyarakat Bali dan pengusaha pariwisata yang ada di Praha dan sekitarnya.

Baca Juga :  Pembalap Muda Binaan Honda Ayumu Iwasa Akan Tampil Perdana di Sesi Latihan Bebas F1 Grand Prix Jepang 2024

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Cok Ace yang juga sebagai Guru Besar ISI Denpasar ini menyampaikan kepada saudara-saudara Bali yang tinggal dan bekerja di Praha agar selalu menjaga nama baik Bali, jangan sampai melupakan akar budaya sebagai orang Bali dan tentu mematuhi peraturan yang berlaku di Ceko.

Diakhir pertemuan tersebut, Wagub Cok Ace juga menyampaikan mengenai Nangun Sat Kerthi serta memutar video pembangunan infrastruktur Bali seperti penataan Kawasan Pura Besakih, short-cut Denpasar-Singaraja, pelabuhan Segitiga Emas (Sanur, Nusa Penida dan Nusa Ceningan), sehingga masyarakat Bali yang ada di Praha dan sekitarnya mengetahui informasi pembangunan pulau Bali sampai saat ini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News