maybank
PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia), Sabtu (26/8/2023) menggelar konferensi pers untuk menyampaikan persiapan lomba lari ‘Elite’ label road race pertama dan satu-satunya di Indonesia Maybank Marathon 2023 pada Minggu (27/8/2023) besok di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia), Sabtu (26/8/2023) menggelar konferensi pers untuk menyampaikan persiapan lomba lari ‘Elite’ label road race pertama dan satu-satunya di Indonesia Maybank Marathon 2023 pada Minggu (27/8/2023) besok di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali.

Bertepatan dengan hari ke-2 penyelenggaraan Race Pack Collection (RPC) di Taman Bhagawan Bali, konferensi pers Maybank Marathon 2023 dihadiri Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria, Project Director Maybank Marathon, Widya Permana, dan Direktur Keuangan Maybank Indonesia, Thila Nadason, serta awak media.

“Setelah selang tujuh bulan sejak Maybank Indonesia mengumumkan penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 pada Januari lalu, kini tiba saatnya untuk menyambut puncak penyelenggaraan Maybank Marathon yang akan berlangsung pada esok hari Minggu (27/8/2023). Pada esok pagi kami akan melakukan beberapa flag-off untuk melepas sekitar 13.600 peserta lari dari 50 negara termasuk Indonesia untuk mengikuti lomba pada masing-masing kategori yang telah dipilih peserta sebelumnya,” ungkap Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria.

Adapun, flag-off yang juga menjadi penanda dimulainya Maybank Marathon 2023 akan dilakukan secara bertahap. Flag-off untuk kategori Marathon akan dilakukan pada pukul 04.30 WITA, kemudian kategori Half Marathon pada pukul 05.30 WITA dan kategori 10K pada pukul 06.00 WITA. Selain itu, flag-off juga akan dilakukan untuk kategori wheelchair dan children sprint. Tahun ini, Maybank Marathon menyediakan total hadiah sebesar Rp2,7 miliar lebih untuk 86 pemenang, termasuk pemecah rekor.

Baca Juga :  Karya Melaspas di Pura Ratu Gede Dalem Sari Dalung

“Kami melihat animo peserta yang tinggi pada penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 yang ditunjukkan melalui jumlah peserta Maybank Marathon yang meningkat 37% dibandingkan tahun lalu. Peningkatan ini mencerminkan respon masyarakat yang semakin positif terhadap olahraga lari, serta meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat melalui olahraga tersebut. Demikian juga, peran Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah melalui kebijakan yang mendorong mobilitas wisatawan maupun peserta Maybank Marathon 2023 untuk berkunjung ke Bali,” lanjut Taswin.

Menginjak penyelenggaraan ke-12 Maybank Marathon tahun ini, Maybank Indonesia mengikutsertakan 11 atlet lari elit internasional yang terdiri dari 6 (enam) atlet elit pria, dan 5 (lima) atlet elit wanita. Selain atlet elit internasional, juga mengikutsertakan 13 (tiga belas) atlet lari nasional dengan catatan waktu terbaik yang terdiri dari 6 (enam) atlet nasional marathon pria dan 7 (tujuh) atlet nasional marathon wanita. Ajang Maybank Marathon juga menjadi wadah bagi para atlet lari nasional untuk mengikuti kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) yakni PON 2020 di Papua dan PON 2024 yang akan datang di Aceh-Sumut.

Dalam konferensi pers, panitia menyampaikan informasi terkait pengamanan di sekitar rute Maybank Marathon 2023 yang terdiri dari sekitar 850 personil Polisi dari Kepolisian Daerah Bali dan sekitar 480 personil Pecalang yang berasal dari warga sekitar Kabupaten Gianyar. Kemudian, untuk menjaga kelancaran lalu lintas warga di sekitar rute, Kepolisian Daerah Bali akan menerapkan pengalihan arus lalu lintas di sepanjang rute lomba, terutama Jalan Bypass I.B. Mantra, dan rute jalan di pedesaan mulai dari desa Ketewel, Guwang, sampai dengan Medahan.

Untuk fasilitas medis, panitia Maybank Marathon 2023 akan melibatkan 850 marshall dan sekitar 180 paramedis, serta 30 unit ambulans, yang terdiri dari 12 mobil ambulans, 17 sepeda motor ambulans dan satu mobil ambulans berstandar Instalasi Gawat Darurat, di sepanjang rute lari.

“Faktor keamanan dan keselamatan seluruh peserta lari adalah prioritas kami di dalam setiap penyelenggaraan Maybank Marathon. Selain tim pengamanan dan paramedis, kami juga mengerahkan 45 pacer berbekal keterampilan prosedur First Aid Emergency CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) apabila terjadi kondisi darurat,” jelas Project Director Maybank Marathon, Widya Permana.

Sejak Jumat (25/8/2023) sampai dengan Sabtu (26/8/2023), Maybank Indonesia menggelar RPC untuk peserta mengambil race pack sebelum berlaga di rute lari pada Minggu (27/8/2023). Sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, RPC pada Maybank Marathon 2023 ini dikemas ke dalam sebuah festival yang diramaikan dengan penampilan pengisi acara ternama di Indonesia, booth eksibisi program keberlanjutan Maybank Indonesia hingga booth produk-produk sponsor, Maybank Interactive Lounge dan VIP Customers Lounge. Para peserta dan kerabatnya dapat menikmati berbagai produk di RPC menggunakan fasilitas pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang tersedia pada aplikasi digital banking M2U dari Maybank Indonesia.

Panitia Maybank Marathon 2023 masih memberlakukan peraturan ‘You Register, You Run’ yang mewajibkan seluruh peserta untuk mengambil race pack sesuai nama yang terdaftar dan tidak dapat diwakilkan. Demikian juga, slot lari tidak dapat dipindahtangankan dan peserta hanya dapat berlari di kategori yang telah dipilih. Penerapan ‘You Register, You Run’ adalah untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan para pelari saat mengikuti lomba. Tahun ini, Maybank Marathon akan memanfaatkan teknologi face recognition untuk mendukung penerapan ‘You Register, You Run’ pada proses pengambilan race pack.

Baca Juga :  Duo Pembalap Muda Tim Honda Racing Indonesia Dominasi Putaran Kedua Kejurnas Balap Mobil ISSOM Musim 2024

Dari segi sponsor, penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 didukung oleh Aqua, Bali Safari & Marine Park, Etiqa, New Balance, Pocari Sweat, BMW, Herbalife, Extra Joss, Kahf, Rexona, Garmin, Traveloka, Bali Island School, Indofood Ice Cream, Taman Bhagawan, Bali Hai, YAMAtune, Atlas, Optik Tunggal, Rintis, Fitbar, Salonpas, Rejuve, Biznet, Gambino, Shokz, Cardea, Salomon, Plataran, Ibis Bali Benoa, Prama, dan RS Kasih Ibu.

Maybank Marathon 2023 juga didukung oleh media partner di antaranya Metro TV, Jawa Pos, Tribunnews, Gatra, Kumparan, The Jakarta Post, Tempo, dan dukungan pemberitaan dari berbagai media ternama lainnya di Indonesia.

Maybank Indonesia mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam mendukung penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 di Bali.

“Semoga penyelenggaraan race day Maybank Marathon 2023 esok hari dapat berjalan dengan baik dan mampu memberikan pengalaman tersendiri bagi pelari,” tutup Taswin.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News