Manipulation Textile
Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa bersama Narasumber dan Peserta Pelatihan Industri Sandang “Manipulation Textile” di Ruang Hasta Mandala Kampus ISI Denpasar, Selasa (29/8/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar pelatihan untuk para pelaku IKM dengan metode “Manipulation Textile” di Ruang Hasta Mandala Kampus ISI Denpasar. Selasa (29/8/2023). Pelaksanaan pelatihan bertujuan untuk mendukung pengembangan IKM Denpasar ini dihadiri langsung Wakil Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa.

Wakil Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dalam kesempatan tersebut mengatakan, pelaksanaan pelatihan untuk para pelaku IKM dengan metode “Manipulation Textile” ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan IKM di Kota Denpasar. Sehingga ke depannya mampu terus tumbuh dan berdaya saing baik secara nasional dan internasional.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Tutup Gelaran Porsenijar Kota Denpasar Tahun 2024

“Melalui pelatihan ini, saya berharap peserta pelatihan dapat memetik ilmu dari pelatihan yang telah diikuti, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan baik itu model maupun inovasi tentang menjahit busana, sehingga dapat membuka peluang baru dalam memanfaatkan produk tekstil menjadi produk bernilai ekonomis tinggi dan diterima pasar,” kata Ayu Kristi Arya Wibawa.

Dikatakan Ayu Kristi, manipulation textile, atau sering disebut dengan monumental tekstil atau disingkat dengan teksmo, merupakan metode pengolahan tekstil dengan cara merubah tekstur dan permukaan kain baik secara dua dimensi maupun tiga dimensi. Dimana, metode ini dapat dilakukan dengan merobek, membakar, memukul dan merusak serta dapat menggunakan bahan-bahan bekas atau memanfaatkan limbah yang ada.

Baca Juga :  Pastikan Keamanan Wilayah, Kelurahan Peguyangan Gelar Pendataan Duktang dan Sambangi Rumah Penduduk yang Mudik

Ketua Panitia Pelatihan Industri Sandang Manipulation Textile, Tjokorda Istri Agung Diah Kencana Wati mengatakan, Pelatihan ini berlangsung dari 25-29 Agustus 2023 dengan melibatkan narasumber dari ISI Denpasar yakni Ni Kadek Yuni Diantari, dan Ni Putu Darmara Pradnya Paramita yang melibatkan 20 orang peserta yang berasal dari IKM yang tersebar di Kota Denpasar.

“Dengan pelatihan ini para pelaku IKM yang mengikuti pelatihan ini dapat mengembangkan kreativitas dalam mengolah bahan tekstil menjadi produk yang memiliki nilai tambah tanpa meninggalkan unsur kearifan lokal,” katanya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News