KKNT
Penyerahan mahasiswa program KKNT Undiksha di Kabupaten Bangli, Sabtu (26/8/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) tahun 2023 Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di wilayah Kabupaten Bangli telah usai. Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, S.E., memberikan apresiasi atas pelaksanaan program tahunan ini, dalam acara penyerahan kepada pihak kampus, di Gedung BMB Kantor Bupati Bangli, Sabtu (26/8/2023).

Pelaksanaan KKNT ini tersebar di 52 Desa, mahasiswa diterjunkan pada 10 Juli 2023, selama lima minggu untuk melaksanakan sejumlah program, terdiri atas program wajib kelompok tentang tanggap bencana; program pilihan berkelompok yang terdiri atas program pengelolaan kelembagaan desa/SDM, Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber, Sanitasi Lingkungan dan Kesehatan, Pengembangan Pariwisata, konservasi atau penguatan sosial budaya, ekonomi dan kewirausahaan. Selain itu, ada program individu berupa keluarga asuh.

Baca Juga :  Bupati Bangli Lepas Kontingen untuk Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Bali 2024

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta memberikan apresiasi atas pelaksanaan KKNT yang dilaksanakan Undiksha. Kehadiran mahasiswa ke desa dinilai telah membawa warna baru berupa program yang sejalan dengan rencana pemerintah Kabupaten Bangli.

“Saya suka model KKNT. Program yang dilaksanakan sangat bermanfaat buat kita di Kabupaten Bangli. Bagaimana masuknya isu stunting, isu rabies, ketahanan pangan, pendidikan BUMDes,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut ini mengajak mahasiswa untuk selalu mendukung pembangunan Kabupaten Bangli ke depan maupun turut serta mempromosikan potensi daerah.

“Jadilah duta Kabupaten Bangli, duta pembangunan, duta pariwisata, dan sebagainya,” ajaknya.

Baca Juga :  Inovasi Sabo Manis SMP Negeri 3 Susut Untuk Gerakan Sekolah Sehat

Melalui kempatan ini, Sedana Arta juga memberikan motivasi kepada mahasiswa. Ia bercerita tentang pengalamannya dalam menempuh pendidikan. Sebagai orang yang lahir dari keluarga petani, selama menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Bali, ia tidak jarang terkendala biaya.

Tetapi berkat tekad dan kegigihan yang kuat serta ingin mewujudkan mimpi, dinamika itu dapat dilalui. Bahkan, semangatnya itulah yang juga sebagai pengantar menjadi orang nomor satu di bumi Bhukti Mukti Bhakti.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Undiksha, Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si., mewakili Rektor memberikan juga turut mengapresiasi Pemkab Bangli, karena telah mendukung pelaksanaan KKNT ini. Ia menyadari pelaksanaan program relatif singkat.

Baca Juga :  Bimtek Smart City di Kabupaten Bangli, Sedana Arta : Bangli Jengah!

“Namun demikian, kehadiran mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan desa,” tutupnya. (an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News