aquascape
Gelaran Bangli Aquascape Contest 2023, Sabtu (19/8/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Pertama kali diselenggarakan di bumi sejuk, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, SE., memberikan apresiasi atas terselenggaranya Bangli Aquascape Contest 2023, yang diselenggarakan di Uuma Eatery & Playgroud Jl. LC Subak Aya, Bangli, diselenggarakan selama dua hari, 19-20 Agustus 2023.

Ketua Panitia Bangli Aquascape Contest 2023, Ns. I Nyoman Putra Kertiyasa, S.Kep., dalam laporannya menyampaikan aquascape adalah seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu, dan yang lainnya di dalam media kaca atau akrilik.

“Biasanya aquascape berbentuk kotak kaca maupun bentuk lainnya yang serupa akuarium. Aquascape tidak hanya memelihara ikan tapi juga memelihara semua komponen yang ada di dalam akuarium, dengan berbagai pendekatan dan ketelitian, yang tentu saja berbeda dengan dengan akuarium biasa, karena itu penempatan komponen dalam aquascape harus diperhitungkan. Sehingga tidak hanya fokus merawat ikan saja, melainkan juga seluruh objek dalam aquarium,” ujarnya.

Komunitas aquascape di Bali sudah sangat beragam dan dengan berbagai konsep yang luar biasa, hal ini lah yang menjadikan dasar pemikiran kami untuk mengadakan acara aquascape di Bangli dengan tema ‘Bangli Aquascape Contest 2023’.

Baca Juga :  Bupati dan Forkopimda Bangli Kampanyekan Anti Korupsi dengan Semangat dan Kreativitas

Selain sebagai bentuk kompetisi antar komunitas, juga memberikan wadah dan memperkenalkan suatu Trend Baru yang bisa menjadi suatu peluang usaha juga untuk memperluas jaringan pemasaran antara produsen, pengusaha dan pecinta aquascape serta memberikan edukasi dan semakin dikenal oleh masyarakat sehingga bisa menjadi trend baru di masyarakat.

Bangli merupakan Kabupaten yang memiliki bentang alam yang masih sangat terjaga dan asri, hal ini juga yang menjadikan Bangli sebagai salah satu Destinasi Wisata alam yang menginspirasi banyak seniman yang ingin mengabadikan bentang alam Bangli ke dalam Bentuk berbagai media seperti Lukisan, Foto dan tentunya berbagai hal inovasi kreatif lainnya, dalam hal ini menuangkan ide kedalam bentuk aquascape.

Baca Juga :  Gebyar Penanganan Ikan Invasif Red Devils di Danau Batur Kintamani

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Bangli Aquascape Contest 2023 dengan Rise of Bangli, bertempat di Uuma eatery and playground, yang dilaksanakan selama dua hari, yakni 19-20 Agustus 2023. Dengan mengadirkan peserta dari seluruh kabupaten/kota se-Bali dan peserta dari luar pulau Bali yakni peserta dari Malang Jawa Timur, Bangli Aquascape Contest 2023 diikuti oleh 20 orang peserta, dengan memperebutkan hadiah berupa piagam dan uang pembinaan.

Sementara itu. Bupati Bangli dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia Bangli Aquascape Contest 2023 yang sudah mampu menyelenggarakan event aquascape di Kabupaten Bangli, dengan mendatangkan peserta dari seluruh kabupaten/kota se-Bali, bahkan ada peserta dari luar pulau Bali.

Baca Juga :  Pontedera Jadi Tuan Rumah Vespa World Days 2024

“Semoga event ini menjadi sebuah motivasi untuk menginspirasi generasi muda di Bangli dalam berkreativitas, serta mampu menjadi penopang perekonomian masyarakat khususnya di Kabupaten Bangli,” harap Bupati Bangli.

Melalui event ini juga diharapkan mampu mempromosikan destinasi wisata yang ada di Bangli, dengan bentang alam yang indah serta cuaca yang sejuk tentunya Bangli sangat cokok untuk lokasi event aquascape, karena mampu menginspirasi ide para aquascaper untuk menuangkan kreativitasnya.

Untuk kedepan Bupati Sedana Arta berharap, agar event aquascape ini dibuat lebih besar lagi, dengan peserta yang lebih banyak, tentunya dengan level nasional. Sebagai pucuk pimpinan Pemerintah Kabupaten Bangli, pihaknya akan selalu mendukung segala bentuk kreativitas generasi muda, demi kemajuan Kabupaten Bangli. (an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News