Unud
BIPA FIB Unud Terima Cultural Visit Siswa SMA Internasional Kanto Jepang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (BIPA FIB Unud) menggelar acara pembukaan dalam rangka kunjungan siswa SMA Internasional Kanto Jepang pada Senin (7/8/2023).

Acara pembukaan kunjungan ini berlangsung di ruang Soekarno Fakultas Ilmu Budaya dan dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FIB Unud, Dr. Dra. Ni Made Suryati, M.Hum., Koordinator Program BIPA FIB Unud, Prof. Prof. Dr. Drs. I Nyoman Suparwa, M.Hum., beserta jajaran, Koordinator Unit Pengelola Informasi FIB Unud, Novita Mulyana, S.S., M.Hum., dan para instruktur BIPA FIB Unud.

Siswa SMA Internasional Kanto Jepang yang hadir sejumlah delapan orang didampingi oleh dua guru mereka yakni Ibu Yumiko Horas dan Bapak Shu Adachi.

Dalam laporannya sebagai Koordinator Program BIPA FIB Unud, Prof. I Nyoman Suparwa menyampaikan rasa syukur karena acara dapat berlangsung sesuai rencana.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Buka Puasa Bersama Sahabat Disabilitas Kota Denpasar

Kunjungan ini merupakan kunjungan lanjutan yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

Kunjungan siswa SMA Internasional Kanto Jepang ini merupakan implementasi dari kerja sama FIB Unud dengan SMA Internasional Kanto yang bertujuan mempererat hubungan kerja sama di antara keduanya serta meningkatkan pemahaman siswa SMA Internasional Kanto dalam bahasa Indonesia dan budaya multikultural, khususnya Jepang-Indonesia.

Selama kunjungan yang dilakukan, siswa SMA Internasional Kanto akan mengikuti berbagai jenis kegiatan baik berupa pembelajaran bahasa dan budaya serta pengabdian kepada masyatakat.

Bentuk pembelajaran yang akan dilaksanakan berupa pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas, sehingga nantinya akan melibatkan beberapa unit dan instansi, tidak hanya BIPA itu sendiri, akan tetapi juga program-program studi yang ada di lingkungan FIB Unud, serta instansi pendidikan lainnya yakni SMA Santo Yoseph, SMKN 5 Denpasar, Sekolah Luar Biasa, dan panti asuhan.

Baca Juga :  Pertamina Jamin Pasokan Avtur Aman di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Siap Hadapi Liburan Sekolah

Dalam laporannya, Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak kanto yang telah mempercayai penyelenggaraan program ini kepada BIPA FIB Unud.

Pada kesempatan yang sama, guru pendamping siswa SMA Intenasional Kanto Jepang, Ibu Yumiko Horas, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada FIB Unud karena sudah berkenan menerima kunjungan siswa-siswinya.

Beliau juga berharap bahwa melalui program ini, siswa-siswi Kanto dapat memperdalam keterampilan mereka dalam berbahasa Indonesia dan memahami budaya Indonesia melalui interaksi langsung dengan penutur asli bahasa Indonesia.

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FIB Unud, Ibu Dr. Dra. Ni Made Suryati, M.Hum. yang pada kesempatan tersebut mewakili Dekan FIB Unud, menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara kunjungan SMA Internasional Kanto secara resmi.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Hadiri Karya Melaspas Kori Agung dan Candi Bentar Pura Puseh Desa Adat Pedungan

Dalam sambutannya beliau menyampaikan Fakultas Ilmu Budaya menyambut baik kegiatan seperti ini karena akan dapat merealisasikan visi, misi, dan tujuan lembaga, terutama membangun hubungan kerja sama baik lokal maupun internasional.

“Fakultas Ilmu Budaya yang bergelut dibidang budaya, tentu sangat tepat menjalin kerja sama dengan SMA Internasional Kanto Jepang dalam membangun kerja sama dalam Bahasa dan budaya. Sebagai pimpinan fakultas kami sangat bangga dan berterima kasih karena SMA Internasional Kanto Jepang telah memilih Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana sebagai tempat untuk menjalin kerja sama,” ujar Dr. Suryati.

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama, tur mengelilingi FIB Unud untuk melihat fasilitas pendukung pembelajaran yang dimiliki FIB, kegiatan pengenalan program BIPA FIB Unud, serta mengikuti kegiatan budaya berupa pengenalan alat musik tradisional Bali/gamelan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News