Ade Rai
I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha alias Ade Rai, saat memberikan tanggapan kepada wartawan, disela-sela kegiatan Seminar di Denpasar, Sabtu (5/8/2023). Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai praktisi bidang olahraga juga seorang atlet nasional asal Bali, I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha akrab disapa Ade Rai mengatakan Bali harus lebih serius melakukan pembinaan terhadap para talenta muda, atlet olahraga agar bisa terus berprestasi mengharumkan nama Provinsi Bali di tingkat nasional maupun internasional.

Berbicara soal prestasi olahraga, Bali memiliki banyak sekali talenta muda berpotensi, cabang-cabang tertentu seperti renang contohnya, diketahui bahwa Bali telah melahirkan banyak sekali atlet-atlet dengan segudang prestasi hingga mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Pelaku UMKM Kuliner, Pemkot Denpasar Gelar Pelatihan dan Pendampingan Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

“Ini harusnya bisa menjadi bahan perhatian, khususnya pemerintah daerah untuk lebih serius melakukan pembinaan terhadap para talenta muda, agar anak-anak muda kita ini memiliki performa yang lebih baik lagi. Selama ini akan hanya diliat talenta tersebut memiliki bakat saja, ternyata perhatian tidak bisa sampai disitu saja, harusnya bisa lebih spesifik lagi pembinaannya, dengan pola terstruktur sehingga potensi bisa lebih dimaksimalkan melalui pendekatan ilmiah,” ungkap Ade Rai kepada Baliportalnews.com, Sabtu (5/8/2023).

Menurut pria berbadan tegap ini, para talenta muda atau dapat disebut atlet berpotensi, memiliki kebutuhan berbeda-beda setiap individunya. Proses pembinaan melalui pendekatan ilmiah (sport science) dikatakan mampu memberikan dampak positif mengoptimalisasi performa para atlet muda agar mampu bersaing meraih prestasi dibidangnya masing-masing.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Kembali Adakan Sekolah PKH Bagi 100 Orang KPM, Bekali Keterampilan Untuk Capai Kemandirian Ekonomi

“Kembali lagi, ini bagaimana keseriusan untuk menggali potensi yang ada semakin maksimal dengan cara alami. Pada dasarnya Bali itu memang tidak pernah kekurangan talenta muda berbakat, cuma masalahnya potensi ini selalu sia-sia, karena memang tidak serius diasah. Makanya saya menekankan bahwa keseriusan untuk melakukan pembinaan mendalam kepada talenta muda berprestasi yang ada ini,” imbuhnya.

Artinya secara kualitas talenta-talenta muda dimiliki Bali bisa dikatakan mempunyai mental bersaing tinggi dengan wilayah atau negara-negara lainnya dibidang olahraga.

Ia berharap, pemerintah bisa serius melakukan pembinaan agar Bali bisa terus mencetak talenta baru untuk kedepannya. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News