Pura Luhur Candi Narmada
Wali Kota Jaya Negara dan Ketua WHDI Kota Denpasar Melaksanakan Persembahyangan di Pura Luhur Candi Narmada. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, bersama dengan Ketua WHDI Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, melaksanakan persembahyangan di Pura Luhur Candi Narmada, Minggu (9/7/2023). Upacara ini merupakan bagian dari upacara piodalan yang dirayakan oleh masyarakat Hindu di Kota Denpasar.

Puncak piodalan  tersebut telah berlangsung pada tanggal 3 Juli lalu, bertepatan dengan Purnama Kasa. Piodalan merupakan suatu bentuk perayaan keagamaan yang dilakukan setiap tahun sekali.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara dan Ketua WHDI Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara memberikan ucapan syukur dan doa untuk kemajuan dan kesejahteraan Kota Denpasar serta seluruh warganya.

“Melalui persembahyangan ini, kita dapat memperoleh keberkahan dan keselamatan bagi kota ini serta masyarakatnya,” kata IGN Jaya Negara.

Baca Juga :  Sasar Sekehe Teruna di Tujuh Banjar, Desa Dangin Puri Kangin Gelar Penyuluhan Penyakit Menular dan Tidak Menular

Jaya Negara, juga menekankan pentingnya kegiatan persembahyangan dalam memupuk nilai-nilai keagamaan dan persatuan di tengah masyarakat Denpasar. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga keharmonisan dan semangat gotong royong dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

“Saya berharap melalui kegiatan pujawali ini dapat menjadi momen introspeksi bagi kita semua untuk lebih meningkatkan keimanan dan menjaga persatuan serta kebersamaan dalam membangun Kota Denpasar yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu Kelian Pengempon, Dewa Mayadi mengatakan pelaksanaan piodalan berjalan dengan lancar dan berlangsung dengan khidmat. Ia menyampaikan bahwa para umat pemedek persembahyangan sangat antusias dalam melaksanakan ibadah dan memanjatkan doa-doa mereka.

“Acara persembahyangan di Pura Luhur Candi Narmada berlangsung dengan lancar dan penuh kekhidmatan. Umat Hindu dengan khusuk memanjatkan  doa-doa kepada Sang Maha Pencipta,” ujar Kelian Pengempon, Dewa Mayadi.

Selain itu, Kelian Pengempon juga mengumumkan bahwa upacara penyineban akan dilakukan pada tanggal 10 Juli mendatang.

Mengingat Pura Luhur Candi Narmada sendiri merupakan salah satu pura yang memiliki nilai sejarah dan keagamaan yang tinggi di kota Denpasar. Pura ini sering dijadikan tempat ibadah dan persembahyangan oleh masyarakat Hindu dalam rangka memohon berkah dan perlindungan dari Ida Sang Hyang Widi Wasa.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Lokasabha V PHDI Kota Denpasar, Gelorakan Sepirit Vasudhaiva Kutumbakam Berikan Pelayanan Bagi Umat Hindu

Di Pura Luhur Candi Narmada ini juga menjadi salah satu contoh keberagaman budaya dan kegiatan keagamaan yang menjadi ciri khas Kota Denpasar sebagai destinasi wisata religi yang terkenal di Indonesia karena berdampingan dengan tempat persembahyangan umat lain.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News